Home » Blog » Sosial » Tips Aman Belanja Online Agar Tidak Jadi Korban Penipuan

Tips Aman Belanja Online Agar Tidak Jadi Korban Penipuan

tips aman belanja online

Tips Aman Belanja Online Agar Tidak Jadi Korban Penipuan – Belanja online saat ini seperti menjadi kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang. Apalagi di era pandemi, yang notabene orang tidak bisa kemana-mana, maka belanja secara online menjadi pilihan yang tepat.

Sayangnya, belanja online tidak selalu mulus, ada saja pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dalam bertransaksi. Ada yang terang-terangan menipu, ada juga yang mengirim barang tapi tidak sesuai dengan gambar.

Ngomong-ngomong soal belanja online, Sahabat Sola ada yang pernah ketipu gak nih? Atau apa yang tertera di foto maupun deskripsi tidak sesuai dengan kenyataannya?

Nah, kalau Sahabat Sola belum mengalami hal itu, maka ada baiknya buat waspada. Berikut beberapa tips aman belanja secara online agar tidak jadi korban penipuan.

Harga yang Wajar

Tips aman dalam belanja online yang pertama, Anda bisa membandingkan harga, atau setidaknya tahu harga pasaran. Jadi, Anda gak terburu-buru terbuai dengan iming-iming harga miring.

Pedagang yang menaruh harga di bawah pasaran, bisa karena berbagai sebab. Misalnya, ingin menghabiskan stok gudang, sedang promo, ada reject, maupun barang tersebut KW. Itu tidak masalah, asalkan pedagang jujur dengan menyatakannya dalam deskripsi.

Di sisi lain, ada pedagang nakal yang sengaja membanderol harga miring untuk menggaet pembeli. Setelah pembeli terbuai, barang yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang. Bisa dibilang memang sudah niat “Nipu”!

Bukan berarti pedagang yang menjual barangnya dengan harga murah itu gak terpercaya lho! Tapi Anda hanya perlu waspada terhadap oknum-oknum yang memang sengaja niat “nakal” ini!

Bandingkan Foto

Kasus barang tidak sesuai gambar ini sering terjadi. Makanya Anda perlu cermat dalam melihat foto-foto produk yang dipajang pedagang.

Kadang banyak pedagang yang memajang foto produk dari pedagang besar sebagai pemasoknya. Artinya mereka tidak memfoto sendiri barang dagangan tersebut.

Sebenarnya tidak masalah, asalkan di deskripsi tercantum bahwa barang yang ada di foto tidak mencerminkan barang aslinya. Atau dijelaskan bahwa foto dengan barang aslinya tidak jauh berbeda.

Dengan demikian, pembeli akan memaklumi jika barang yang ada difoto tidak sama persis dengan barang aslinya.

Cuma kadang banyak pedagang nakal yang bilang bahwa barang sesuai dengan foto, padahal nyatanya tidak demikian. Nah, pedagang model begini yang perlu Anda hindari.

Rating Pedagang

Buat Sahabat Sola yang suka belanja online di marketplace besar, tentu gak asing dengan rating pedagang. ini bisa jadi acuan juga dalam berbelanja dengan aman.

Biasanya, pedagang-pedagang yang sudah dapat rating banyak dan bagus-bagus, itu sudah dipercaya dan sering melakukan transaksi yang memuaskan pembelinya. So, pembeli gak segan-segan untuk mengganjarnya dengan bintang terbaik!

Review Pembeli

Di beberapa marketplace besar, biasanya mereka menyediakan fitur review. Nah, Anda bisa baca-baca komen dan reviewnya dulu sebelum membeli.

Coba cek, bagaimana respon pembeli terhadap pedagang, apakah fast respon, barang dikirim oke punya, atau malah banyak review buruknya. Dengan begitu, Anda bisa pertimbangkan sendiri, apakah perlu benja di pedagang itu, atau cek toko sebelah.

Baca Juga:

Tanya Kepada yang Pernah Bertransaksi

Tips aman belanja online terakhir, yaitu dengan bertanya kepada teman atau keluarga yang pernah bertransaksi online.

Dengan bertanya dulu kepada yang sudah pernah bertransaksi, setidaknya satu poin keamanan sudah Anda peroleh.

Atau bisa juga Anda tanya kepada mereka tentang di mana mereka biasa berbelanja. Di situs apa, atau di lapak siapa.

Nah, itu tadi beberapa tips aman belanja secara online. Jangan lupa, kalau Anda mau kirim barang, Anda bisa pakai ekspedisi murah biar lebih hemat biaya.