Home » Blog » Sosial » Cara Menggunakan Media Sosial dengan Baik dan Bijak

Cara Menggunakan Media Sosial dengan Baik dan Bijak

Cara Menggunakan Media Sosial dengan Baik dan Bijak

Cara Menggunakan Media Sosial dengan Baik dan Bijak – Ketika mendengar kata “media sosial”, apa yang terlintas di benak Anda?

Komentar buruk, informasi tidak valid, mengobrol dengan teman atau bertemu teman lama?

Apa pun yang Anda lakukan di media sosial, pasti akan berdampak pada orang-orang di sekitar Anda. Kali ini kita akan membahas bagaimana menggunakan media sosial dengan bijak.

Seiring kemajuan teknologi, berinteraksi satu sama lain menjadi begitu mudah, termasuk urusan komunikasi.

Seperti yang kita ketahui, media sosial adalah platform yang cukup powerful bagi manusia untuk berkomunikasi satu sama lain, tanpa bertemu secara langsung.

Ditambah lagi, peningkatan pengguna smartphone memungkinkan setiap orang untuk memiliki platform media sosialnya sendiri. Bahkan, satu orang bisa memiliki lebih dari satu akun media sosial.

Sejalan dengan itu, pada akhirnya Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan platform berbasis online ini, karena sudah banyak undang-undang yang berlaku untuk memerangi kejahatan di dunia maya.

Berikut beberapa cara menggunakan media sosial dengan baik dan bijak, agar platform ini benar-benar membantu kehidupan Anda. Scroll terus!

Jangan Mengumbar Privasi

Cara menggunakan media sosial dengan baik dan bijak pertama adalah dengan tidak mengekspos privasi Anda secara berlebihan. Media sosial adalah produk digital, di mana Anda harus menjaga privasi Anda sebaik mungkin, bukan sebaliknya, mengumbar privasi!

Anda perlu ingat, Jejak digital sulit untuk dilupakan, termasuk kenangan Anda di dalamnya. Karena itu, Anda tidak boleh terlalu terbuka dengan kehidupan pribadi Anda. Hormati privasi Anda dan hormati privasi keluarga Anda juga.

Intinya, tidak semua hal perlu Anda posting. Dan percayalah, tidak semua orang ingin tahu apa yang Anda lakukan atau apa latar belakang kehidupan pribadi Anda.

Pikirkan Sebelum Berbagi

Selain untuk berkomunikasi, media sosial juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk berbagi. Anda dapat berbagi pengetahuan di platform ini, baik itu informasi yang valid atau berita HOAX.

Jika Anda membagikan informasi yang valid, maka Anda telah berbagi kebaikan dan pengetahuan dengan orang-orang. Namun, jika Anda membagikan HOAX atau berita palsu, maka Anda adalah bagian dari kebohongan itu sendiri. Percayalah, apapun yang Anda bagikan, ada konsekuensi hukumnya.

Oleh karena itu, dibutuhkan kebijaksanaan dan pemikiran yang matang sebelum Anda membagikan informasi di internet.

Mungkin Anda bisa membandingkan beberapa sumber sebagai referensi, atau Anda bisa bertanya kepada orang yang berkompeten tentang keabsahan berita yang ingin Anda bagikan.

Jangan Kasar

Cara menggunakan media sosial dengan baik dan bijak terakhir, dengan tidak bersikap kasar atau intimidatif dalam bentuk apapun.

Banyak orang yang baru mengenal media sosial selalu membuat komentar yang kasar atau tidak pantas.

Faktanya, Anda adalah cerminan dari komentar Anda. Jadi, jika Anda berkomentar buruk atau penuh hinaan, itu adalah karakter Anda!

Banyak yang berpikir bahwa tidak bertemu atau tatap muka langsung berarti Anda benar-benar anonim, tetapi kenyataannya tidak. Anda akan tetap mudah dilacak!

Perhatikan, mungkin Anda tidak tahu dengan siapa Anda berinteraksi di media sosial, atau apa latar belakang mereka. Mungkin saja Anda bertemu dengan pakar IT atau penegak hukum. Tentunya Anda akan mudah dilacak bukan?

Penting untuk menganggap berinteraksi di media sosial, sama dengan interaksi secara langsung. Hal itu bertujuan agar kita tetap sopan, dan menjaga jari sebaik mungkin agar tidak meyakiti pihak lain.

Mungkin Anda pernah mendengar berita banyak orang menjadi depresi atau merasa tidak percaya diri karena ujaran kebencian, intimidasi, atau komentar buruk. Artinya, komentar atau penilaian seseorang dapat berdampak sangat negatif bagi kehidupan seseorang.

Di sisi lain, banyak orang menemukan kepercayaan diri mereka kembali setelah menerima dukungan yang baik dari komentar yang baik.

Jadi, tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah Anda ingin berkomentar sesuatu yang baik atau buruk?

Mungkin itu saja beberapa tips yang bisa kami berikan tentang cara menggunakan media sosial dengan baik dan bijak. Ingat, Anda adalah cerminan dari komentar Anda. So, jaga jarimu!