Home » Blog » Umum » 7 Manfaat Angin Dalam Kehidupan Sehari-hari

7 Manfaat Angin Dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Angin Dalam Kehidupan Sehari-hari

7 Manfaat Angin Dalam Kehidupan Sehari-hari – Pada materi sebelumnya, kita sudah membahas mengenai manfaat energi matahari bagi kehidupan manusia. Kini manusia terus mendorong penggunaan energi kekal untuk segala keperluan, salah satunya memaksimalkan manfaat angin dalam kehidupan sehari-hari.

Ternyata, selain matahari, terdapat beberapa energi kekal lainnya yang disediakan oleh alam, seperti air dan angin.

Pada bahasan kali ini, kita akan mempelajari mengenai manfaat angin dalam kehidupan manusia sehari-hari. Silahkan dibaca sampai habis!

Pengertian Angin

Secara pengertian, angin adalah udara yang bergerak. Angin terjadi karena pengaruh panas matahari. Kalau di suatu tempat cuacanya sedang panas, maka udara di daerah itu akan naik dan diisi oleh udara dari tempat lain yang suhunya lebih dingin. Pergerakan udara inilah yang disebut angin.

Manfaat Angin Dalam Kehidupan Sehari-hari

Angin mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan di Bumi. Berikut ini adalah beberapa manfaat angin, diantaranya:

1. Menggerakkan Awan

Awan yang membawa hujan, digerakkan oleh angin. Sehingga, hujan tidak hanya terjadi di satu daerah saja, daerah lain juga akan terguyur hujan karena awannya bergerak. Pergerakan awan ini tentunya didorong oleh angin.

Dengan begitu, secara tidak langsung sebenarnya angin juga berperan dalam menjaga siklus air di Bumi.

Seumpama awan tidak bergerak, tentu hujan akan terjadi secara lokal saja. Tentunya hal itu sangat berdampak buruk bagi kehidupan manusia, karena air tidak menyebar.

2. Membuat Suhu Menjadi Sejuk

Pernahkan Kamu kepanasan karena suhu yang begitu tinggi? Lalu apa yang Kamu lakukan?

Biasanya, yang pertama kali kita lakukan adalah berlindung dari panas, kemudian dibantu dengan menyalakan kipas. Kipas sendiri akan menghasilkan angin yang menyejukkan.

Jika tidak ada angin, cuaca panas tidak akan bisa sejuk. Jadi, salah satu manfaat angin adalah dapat menyejukkan suhu.

3. Membantu Penyebaran Biji Tumbuhan

Selain dibantu oleh makhluk hidup seperti burung, ternyata penyebaran biji tumbuhan juga terbantu oleh kehadiran angin. Angin dapat menerbangkan biji-bijian, sehingga tumbuhan dapat tumbuh tersebar, tidak hanya di satu titik saja.

4. Membantu Nelayan

Angin laut sangat membantu nelayan dalam mencari ikan di laut. Angin laut adalah angin yang berhembus dari laut ke daratan. Biasanya angin ini terjadi pada siang hari, sehingga nelayan akan pulang berlayar di waktu siang.

Sebaliknya, angin darat adalah angin yang bertiup dari darat ke laut. Ini sangat membantu nelayan untuk pergi berlayar menangkap ikan di lautan. Angin darat terjadi pada malam hari, sehingga para nelayan akan berangkat berlayar ketika malam hari.

5. Menggerakkan Benda-benda

Benda-benda, akan terbantu untuk bergerak karena energi angin ini. Contohnya, kincir angin, perahu layar, maupun layang-layang.

Baca Juga: Macam-macam Gerak Benda dan Contohnya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, perahu layar dapat menjadi sarana transportasi maupun mencari ikan untuk manusia. Kincir angin dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik, sedangkan layang-layang sebagai hiburan untuk manusia.

Dunia penerbangan pun memperhitungkan pergerakan arah angin dan kecepatannya. Sehingga, mereka punya pertimbangan khusus dalam melakukan penerbangan.

Baca Juga: Manfaat Gaya Magnet dan Gaya Gravitasi dalam Kehidupan Sehari-hari

6. Sumber Energi Listrik

Jika matahari dapat menjadi Pembangit Listrik Tenaga Matahari, maka angin juga kini sudah dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB).

Energi kekal, sudah terbukti ramah lingkungan, karena tidak menghasilkan polusi dalam penggunaannya.

Salah satu contoh pembangkit listrik yang menggunakan bantuan angin adalah kincir angin. Negara yang terkenal dengan kincir anginnya adalah Belanda. 

Belakangan, negara-negara maju lainnya juga mulai menggenjot pemanfaatan energi angin sebagai sumber energi utama.

Baca Juga: Gaya Gesek: Manfaat, Cara Memperbesar dan Memperkecilnya

7. Membantu Pengeringan

Manfaat angin dalam kehidupan sehari-hari lainnya, yaitu membantu proses pengeringan. Banyak aktivitas yang terbantu dengan kehadiran angin, salah satunya mempercepat proses pengeringan pakaian sehabis dicuci.

Jadi, pengeringan tidak hanya bergantung pada energi matahari saja, tetapi angin juga dapat membantu.

Baca Juga: Manfaat Air

Bagaimana, apakah sekarang kalian sudah mengerti mengenai manfaat energi angin untuk kehidupan manusia? Jika belum, kalian bisa baca ulang materi ini sampai kalian memahaminya dengan baik.