Home » Blog » Umum » Gaya Gesek: Manfaat, Cara Memperbesar dan Memperkecilnya

Gaya Gesek: Manfaat, Cara Memperbesar dan Memperkecilnya

Gaya Gesek

Gaya Gesek: Manfaat, Cara Memperbesar dan Memperkecilnya – Dalam kehidupan sehari-sehari, kita banyak melakukan kegiatan yang memanfaatkan gaya gesek. Apa saja manfaat gaya ini dalam kehidupan sehari-hari, serta bagaimana memperbesar dan memperkecil gaya tersebut? Mari simak penjelasan di bawah ini!

Gaya Gesek

Tanpa kita sadari, gaya gesek telah memberikan banyak sekali manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari misalnya sebagai berikut:

  • Adanya gesekan antara rem sepeda dengan roda sepeda menyebabkan laju sepeda semakin pelan dan akhirnya berhenti.
  • Alas kaki sepatu dan sandal dibuat berulir-ulir menggunakan bahan karet, agar kita tidak mudah terpeleset di lantai yang licin.
  • Gaya gesekan antara ampelas dan kayu yang dilakukan oleh tukang kayu dapat menghaluskan kayu.
  • Gesekan antara gergaji dan kayu saat memotong kayu.

Ternyata selain memberi manfaat, gaya gesek juga dapat merugikan. Misalnya, gesekan yang terlalu besar pada mesin motor dapat mempercepat kerusakan motor.

Oleh karena itu agar tidak merugikan, maka pergesekan pada suatu benda dapat diperbesar dan diperkecil.

Bagaimanakah caranya?

Berikut ini beberapa cara yang dapat memperkecil dan memperbesar gaya gesek.

Cara Memperkecil Gaya Gesek

1. Memakai Pelumas

Pelumas dapat mengurangi gesekan yang terjadi pada mesin sehingga mesin tidak cepat rusak.

2. Memperkecil Luas Permukaan

Gaya gesek dapat diperkecil dengan memperkecil luas Coba Kamu amati bentuk haluan pesawat terbang. Bentuk yang ramping dan runcing membuat gesekan udara dengan badan pesawat kecil, sehingga pesawat mudah bergerak melewati udara.

3. Memberi Roda pada Benda

Pemberian roda pada bidang sentuh merupakan salah satu upaya untuk memperlicin permukaan yang bersentuhan, sehingga gaya gesekan yang terjadi dapat diperkecil. Penggunaan roda ini merupakan salah satu cara untuk memanfaatkan gerak bergulir, sehingga menghindari gaya yang besar.

4. Memperhalus Permukaan Benda

Permukaan yang halus membuat benda lebih mudah bergerak. Misalnya, jalan beraspal bertujuan untuk memperkecil gesekan antara ban kendaraan dan jalan, sehingga kendaraan lebih mudah meluncur.

Cara Memperbesar Gaya Gesek

1. Membuat Alur dan Corak Kasar pada Permukaan Benda

Coba kamu amati sol sepatu dan ban mobil. Alur yang kasar membuat sol dan ban mempunyai daya cengkeram yang kuat sehingga tidak mudah tergelincir meskipun jalan basah dan licin.

2. Melapisi Permukaan Benda dengan Karet

Karet merupakan bahan yang bersifat kesat dan tahan air, sehingga karet dapat memperbesar gaya gesek. Beberapa benda yang dilapisi karet untuk memperbesar gaya di antaranya sol sepatu, ban kendaraan bermotor, dan ban sepeda.

3. Memperluas Bidang Permukaan

Benda yang bidang permukaannya luas memiliki gaya gesekan terhadap udara lebih besar dari pada benda yang bidang permukaannya sempit. Misalnya, olahraga terjun payung memanfaatkan lebar parasut untuk memperlambat gerak jatuh.

Baca Juga: Contoh Gaya Kontak dan Nonkontak

Nah. itu tadi tentang gaya gesek, manfaat dan bagaimana cara memperbesar maupun memperkecilnya. Semoga menambah wawasan Sahabat Sola Yess!!