Home » Blog » Kesehatan » 5 Makanan Penyehat Rambut yang Wajib Dikonsumsi Kalau Mau Punya Rambut Cantik

5 Makanan Penyehat Rambut yang Wajib Dikonsumsi Kalau Mau Punya Rambut Cantik

Makanan Penyehat Rambut

5 Makanan Penyehat Rambut yang Wajib Dikonsumsi Kalau Mau Punya Rambut Cantik – Rambut adalah mahkota bagi wanita yang perlu dirawat keindahannya.

Dalam menjaga rambut agar tetap sehat dan berkilau, itu tidak hanya dibutuhkan perawatan dari luar, tetapi juga perlu perawatan dari dalam, yaitu dengan cara selektif menjaga asupan makanan.

Rambut yang rusak akan mengganggu penampilan, menurunkan rasa percaya diri dan bisa membuat kita stres. Bahkan dalam jangka panjang, kerontokan rambut itu dapat menyebabkan kebotakan. Tentu kita tak ingin hal buruk tersebut terjadi bukan?

Makanan Penyehat Rambut

Kalau Anda memiliki masalah seputar rambut seperti, rambut rontok, bercabang dan lainnya, cobalah Anda konsumsi beberapa makanan berikut yang mampu mengatasi permasalahan tersebut dan menjaga agar rambut tetap sehat.

1. Wortel

Mungkin Anda mengira bahwa sayuran oranye ini hanya baik untuk kesehatan mata, memang itu benar adanya, tapi yang mengejutkan adalah wortel juga bagus untuk merawat rambut yang rusak.

Kekurangan konsumsi Vitamin A akan membuat kulit kepala kering dan gatal, dengan konsumsi wortel secara rutin, maka hal tersebut tidak lagi terjadi. Selain itu, wortel juga baik membuat rambut agar tidak tipis, bercahaya, menguatkan dan melancarkan peredaran darah.

2. Bayam

Kita kenal bayam adalah sayuran hijau yang kaya manfaat untuk kesehatan. Tapi tahukah Anda, ternyata bayam juga bermanfaat untuk kecantikan.

Bayam merupakan sumber zat besi yang baik untuk rambut, jika kekurangan zat besi maka rambut bisa mengalami kerontokan. Hebatnya lagi, sayuran ini memiliki kandungan vitamin A, C dan protein yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

3. Telur

Tentu kita sering mengonsumsi makanan yang satu ini, apalagi ketika sarapan. Kalau Anda ingin mempunyai rambut sehat, cobalah untuk konsumsi sumber protein hewani ini secara rutin.

Manfaat telur untuk rambut ini dipercaya dapat memperbaiki rambut yang rusak, serta membantu rambut agar tumbuh lebih sehat dan indah. Itu semua karena kandungan biotin yang ada pada telur.

Baca Juga:

4. Ayam

Ayam memiliki kandungan protein yang cukup baik, serta lebih rendah kolesterol daripada daging merah. Hal tersebut tentunya baik untuk rambut agar kokoh dan tidak rapuh.

Selain baik untuk rambut, mengkonsumsi daging ayam juga dapat memenuhi kebutuhan protein kita sehari-hari, dengan catatan cara pengolahannya juga harus benar.

Baca Juga: 7 Makanan yang Bagus untuk Menumbuhkan Rambut Botak dengan Cepat

5. Jambu Biji

Makanan penyehat rambut ini memiliki kandungan vitamin C yang lumayan tinggi. Bayangkan saja, satu buah jambu biji itu sama halnya dengan empat hingga lima buah jeruk soal kadar vitamin C-nya. Khasiat vitamin C untuk rambut adalah baik dalam menjaganya agar tidak rapuh.

Sekarang sudah mengerti kan makanan apa saja yang wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan rambut? Mulai sekarang, jangan lupa untuk konsumsi ketujuh makanan di atas agar rambut Anda tetap tampil cantik mempesona. Dan yang paling utama adalah menjaganya tetap sehat.