Home » Blog » Bisnis » Lakukan Cara Ini untuk Meningkatkan Motivasi Kerja!

Lakukan Cara Ini untuk Meningkatkan Motivasi Kerja!

Loading...
Motivasi Kerja

Lakukan Cara Ini untuk Meningkatkan Motivasi Kerja! – Kadang kala seseorang merasa jenuh dengan pekerjaannya. Hari ke hari hanya itu-itu saja yang dilakukan, tidak ada terobosan baru atau sesuatu yang menantang. Tapi itulah realitanya dunia kerja!

Dengan akumulasi kejadian demikian, tentu seorang pekerja akan merasa bosan dan mungkin memutuskan untuk menyudahi karirnya di bidang itu.

Nah, jika Anda sedang berada di posisi demikian atau sedang mengalami penurunan mood untuk bekerja, maka Anda perlu mencari tahu bagaimana cara untuk meningkatkan motivasi kerja. Anda bisa lakukan hal-hal seperti di bawah ini!

Istirahat Sejenak

Kemungkinan Anda merasa kurang motivasi kerja karena Anda terlalu lelah dengan tumpukan kerjaan yang Anda miliki. Untuk itu, tak salah rasanya jika Anda rehat sejenak dari kesibukan tersebut.

Ini tidak berarti bahwa Anda harus keluar dari pekerjaan, tapi Anda butuh waktu cuti beberapa hari untuk meredakan tekanan dalam pekerjaan.

Loading...

Jika kerjaan begitu menumpuk dan Anda tidak bisa mengambil cuti, cara lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan waktu istirahat kerja sebaik mungkin. Atau mungkin disela-sela pekerjaan Anda bisa ke keluar kantor sejenak sekedar untuk menarik nafas panjang dan menikmati keadaan sekitar.

Jangan lupa, sesampainya di rumah, manfaatkan waktu semaksimal mungkin dengan keluarga, serta dapatkan jam istirahat malam yang cukup. Ingat, tubuh Anda juga perlu dicharge kembali setelah kehabisan daya!

Punya Tujuan yang Jelas

Dalam perlombaan lari, tujuan akhir seorang pelari adalah mencapai garis finish, dimana setelah pelari menyentuh pita finish, maka perlombaan berakhir dan pemenang ditentukan.

Sama seperti pekerjaan, untuk tetap termotivasi dalam bekerja, maka Anda harus punya tujuan yang jelas atas apa yang Anda lakukan. Misalnya, untuk apa Anda bekerja dan apa yang Anda inginkan dari pekerjaan tersebut.

Alasan paling umum untuk seseorang bekerja adalah untuk menafkahi keluarga. Lebih jauh mungkin untuk memiliki harta benda dan simpanan untuk masa depan.

Loading...

Jika motivasi itu selalu tertanam di benak Anda, maka perasaan lelah, suntuk dan malas dalam pekerjaan, akan segera terganti dengan energi yang baru. Karena, Anda punya tujuan yang jelas atas apa yang Anda lakukan.

Ubah Gaya Bekerja

Seperti disinggung pada awal pembahasan, salah satu alasan berkurangnya motivasi kerja, bisa karena bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menjalani pekerjaan Anda dengan cara yang baru. Dengan begitu, Anda akan merasa seperti punya pekerjaan baru dengan rutinitas berbeda, meskipun tujuan akhirnya tetap sama dan pekerjaannya pun sama.

Tetapi, untuk mengubah gaya bekerja Anda, Anda perlu konsultasikan pada atasan terlebih dulu, jangan sampai karena improvisasi yang Anda lakukan justru malah membuat hasil pekerjaan jadi memburuk.

Lingkungan Kerja yang Nyaman

Cara meningkatkan motivasi kerja selanjutnya, ialah dengan membuat lingkungan kerja Anda nyaman, entah itu dengan tempatnya atau partner kerja lain.

Loading...

Banyak yang malas datang ke tempat kerja karena lingkungan yang tidak sesuai dengan Anda. Jika demikian, maka ada dua pilihan, Anda harus menyesuaikan diri dan menikmati yang ada, atau mengubah lingkungan kerja menjadi lebih nyaman buat Anda. Tapi tidak cuma nyaman buat Anda saja, karyawan lain pun harus nyaman dengan perubahan yang Anda lakukan.

Baca Juga:

Manjakan Diri

Tidak ada salahnya memanjakan diri atas apa yang telah Anda capai. Misalnya jika Anda seorang karyawan, saat Anda menerima gaji, cobalah sisihkan sebagian gaji tersebut untuk menyenangkan diri Anda. Tapi tetap penuh perhitungan ya!

Dengan cara ini, Anda akan merasa kerja keras Anda selama sebulan belakangan, terbayar dengan sesuatu yang dapat membuat Anda senang dan bahagia.

Saat Anda merasa senang dan bahagia, pikiran Anda akan mendorong keadaan demikian untuk terjadi lagi. Pada akhirnya, Anda akan termotivasi untuk bekerja keras lagi untuk mendapat kenikmatan tersebut.

Loading...