Lompat ke konten
Home » Blog » Umum » Hubungan Manusia dengan Lingkungan Alam Sekitar

Hubungan Manusia dengan Lingkungan Alam Sekitar

Hubungan Manusia dengan Lingkungan Alam Sekitar

Hubungan Manusia dengan Lingkungan Alam Sekitar – Bagaimana hubungan manusia dengan lingkungan alam sekitar? Bagaimana hubungan yang seharusnya? Mari kita cari tahu bersama!

Manusia hidup dalam lingkungan alam. Hubungan antara manusia dengan lingkungan alam sekitar seharusnya saling menguntungkan. Lingkungan alam menyediakan tempat hidup bagi manusia dan sumber daya yang sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sedangkan manusia mengolah sumber daya dan melestarikan lingkungan alam untuk kehidupan jangka panjang yang saling menguntungkan.

Hubungan antara manusia dan lingkungan alam saling mempengaruhi. Aktivitas manusia dalam lingkungan sangat mempengaruhi keadaan dan kelestarian lingkungan.

Jika manusia mengolah dan mengambil sumber daya alam secara tidak bijaksana, maka itu dapat merusak lingkungan. Lingkungan yang rusak tentunya akan berdampak negatif bagi kehidupan manusia. Misalnya, terjadi banjir, kekeringan, tanah longsor, dan sumber daya alam yang lebih sedikit. Oleh karena itu, aktivitas manusia dalam mengolah lingkungan alam harus memperhatikan kelestarian lingkungan.

Hubungan atau interaksi antara manusia dengan lingkungan alam sekitar dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu interaksi yang menyesuaikan diri dengan alam dan interaksi yang mendominasi alam.

Baca Juga: Ciri-ciri Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat, serta Manfaatnya

Interaksi yang menyesuaikan diri dengan alam

Interaksi manusia beradaptasi dengan alam adalah segala upaya manusia untuk beradaptasi dengan alam. Misalnya, manusia menyesuaikan waktu tanam dengan musim hujan, waktu berlayar sesuai kondisi cuaca, dan menghindari tinggal di daerah rawan bencana alam.

Contoh upaya manusia dalam melestarikan alam seperti melakukan penanaman kembali, mengambil sumber daya alam secukupnya, dan juga tidak melakukan upaya yang merusak alam.

Contoh tindakan pelestarian alam yang dapat dilakukan di lingkungan sekitar seperti:

  • Tidak membuang sampah sembarangan
  • Menanam pohon di halaman rumah
  • Tidak merusak pohon
  • Tidak menyumbat saluran air
  • Tidak melakukan pencemaran lingkungan

Interaksi yang mendominasi alam

Interaksi manusia yang mendominasi alam merupakan upaya manusia untuk mengubah alam, agar sesuai dengan yang diinginkan.

Seperti yang kita ketahui, dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia dapat mengubah alam. Misalnya, manusia mampu memodifikasi cuaca dengan mengembangkan teknologi hujan buatan untuk meningkatkan hasil pertanian.

Aksi mendominasi alam lainnya seperti penebangan hutan secara liar dan terkontrol, maupun mengambil sumber daya alam tambang secara berlebihan. Tentunya hal tersebut bisa berdampak buruk bagi lingkungan yang pada akhirnya juga akan merugikan manusia.

Baca Juga: Hak dan Kewajiban Kita Terhadap Lingkungan

Kesimpulan

Dari bacaan hubungan antara manusia dengan alam sekitar di atas, kesimpulannya adalah bahwa manusia harus hidup selaras dengan alam di manapun dia berada. Jika kita memang harus “menguasai” alam, maka hal itu harus dilakukan dengan bijak dan dengan pertimbangan yang matang.