Home » Blog » Umum » Contoh Pelestarian Sumber Daya Alam Hewan dan Barang Tambang

Contoh Pelestarian Sumber Daya Alam Hewan dan Barang Tambang

Pelestarian Sumber Daya Alam

Contoh Pelestarian Sumber Daya Alam Hewan dan Barang Tambang – Sebelumnya kita telah mempelajari bagaimana cara melestarikan sumber daya alam air, tanah dan tumbuhan. Kali ini juga tak kalah penting, yaitu bagaimana melestarikan sumber daya alam hewan dan barang tambang.

Berikut adalah beberapa contoh upaya pelestarian sumber daya alam hewan dan barang tambang.

Pelestarian Sumber Daya Alam Hewan

Sama halnya dengan sumber daya tumbuhan, sumber daya hewan juga dapat diperbarui dengan mengembangbiakkan hewan tersebut. Namun, beberapa hewan sulit untuk dikembangbiakkan, sehingga perlu dilakukan pelestarian.

Berikut ini beberapa cara pelestarian sumber daya alam hewan.

1. Membuat Kawasan Pelestarian Hewan

Untuk menghindari kepunahan hewan langka, di Indonesia didirikan beberapa taman nasional, contohnya sebagai berikut

a. Taman Nasional Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur melindungi hewan komodo.
b. Taman Nasional Ujung Kulon di Banten melindungi badak bercula satu.
c. Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan Tengah melindungi Orang Utan.

2. Tidak Menangkap, Memelihara, dan Memperjualbelikan Hewan yang Dilindungi

Menjaga kelestarian hewan dapat dilakukan dengan cara tidak mengganggu hewan yang hidup di alam bebas serta tidak menangkap, memelihara, dan memperjualbelikan hewan yang dilindungi.

Hewan-hewan yang dilindungi merupakan hewan langka yang jumlahnya sangat sedikit di alam. Jika kita mengganggu dan menangkapnya, maka hewan-hewan itu lambat laun akan punah.

Baca Juga:

Pelestarian Sumber Daya Alam Barang Tambang

Barang tambang diperoleh dengan cara ditambang. Barang tambang ada dua jenis, yaitu barang tambang logam dan barang tambang nonlogam.

Contoh barang tambang logam adalah emas, perak, tembaga, aluminium, nikel, besi, dan baja. Contoh barang tambang nonlogam adalah batu bara, minyak bumi, dan gas alam.

Ada juga barang tambang mineral yang termasuk barang tambang nonlogam, misalnya batu kapur, kalsit, asbes, yodium, dan belerang.

Sumber daya barang tambang termasuk surnber daya alam yang jumlahnya terbatas. Barang tambang tidak dapat diperbarui lagi seperti tumbuhan dan hewan.

Oleh karena itu, perlu dilakukan beberapa hal agar ketersediaan barang tambang dapat terjaga.

1. Menghemat Penggunaan Bahan Bakar

Bahan bakar seperti bensin dan gas elpiji merupakan hasil pengolahan minyak bumi.

Kebutuhan bahan bakar sangat besar, sedangkan ketersediaannya terbatas. Oleh karena itu, penggunaan bahan bakar harus dihemat.

Cara menghemat penggunaan bahan bakar misalnya dengan lebih memilih menggunakan angkutan umum daripada kendaraan pribadi.

2. Daur Ulang Logam

Beberapa barang dari logam dapat didaur ulang kembali menjadi barang baru. Contoh logam yang dapat didaur ulang adalah seng, besi, dan baja.

Barang bekas dari seng, besi, dan baja dipisahkan lalu dilebur menjadi logam cair. Logam cair akan dicetak menjadi barang baru.

3. Menghemat Penggunaan Listrik

Listrik dihasilkan salah satunya dari pembakaran batu bara. Semakin sedikit menggunakan Iistrik, pemakaian batu bara juga semakin herkurang.

Cara menghemat Iistrik misalnya dengan mematikan alat elektronik yang tidak digunakan.

Nah, di atas merupakan contoh upaya pelestarian sumber daya alam hewan dan barang tambang. Semoga bisa menambah wawasan Anda!