Home » Blog » Umum » Hak dan Kewajiban Kita Terhadap Lingkungan

Hak dan Kewajiban Kita Terhadap Lingkungan

Hak dan Kewajiban Kita Terhadap Lingkungan

Hak dan Kewajiban Kita Terhadap Lingkungan – Dalam hidup, perlu yang namanya keseimbangan, termasuk menyeimbangkan antara hak dan kewajiban. Ini pun berlaku bagi lingkungan.

Lingkungan adalah apa yang ada di sekitar kita. Keadaan lingkungan begitu berpengaruh pada kehidupan masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut.

Misalnya, lingkungan yang penuh dengan pencemaran dan kerusakan, tentu akan berpengaruh terhadap kesehatan orang yang tinggal di dalamnya. Oleh sebab itu, setiap individu wajib menjaga kelestarian lingkungan.

Ciri lingkungan yang baik adalah lingkungan yang masih lestari baik fungsi dan manfaatnya. Selain itu, turut dipelihara, serta diawasi sebaiknya supaya terhindar dari pencemaran maupun kerusakan lainnya.

Mayoritas kerusakan lingkungan terjadi karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab, dan acuh terhadap kelestarian lingkungan.

Manusia terus-menerus menggunakan sumber daya alam secara berlebihan, tidak memperhatikan dan kondisi lingkungan. Hal itulah yang kemudian menyebabkan kerusakan lingkungan. Tak jarang hal tersebut akan menimbulkan dampak yang lebih luas dan mencelakakan penghuninya.

Oleh sebab itu, kita harus menyadari apa hak dan kewajiban kita terhadap lingkungan. Simak terus bahasan ini!

Kewajiban Kita Terhadap Lingkungan

Solusi agar terhindar dari kerusakan lingkungan, ialah menyadai apa hak dan kewajiban kita terhadap lingkungan.

Setiap individu wajib menjalankan kewajiban untuk menjaga lingkungan tetap baik. Beberapa kewajiban kita terhadap lingkungan antara lain sebagai berikut:

1. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Kebersihan lingkungan harus tetap terjaga. Misalnya dengan cara membuang sampah pada tempatnya, dan rutin membersihkan saluran air di lingkungan masing-masing.

Jika seseorang membuang sampah tidak pada tempatnya, maka hal itu dapat rnencemari lingkungan dan menyebabkan kerusakan lingkungan.

2. Melakukan Penanaman Pohon

Pohon termasuk makhluk hidup yang sebenarnya dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Contohnya, pohon dapat menyediakan udara berslh dan segar bagi manusia. Pohon juga mampu melindungi lapisan ozon yang mulai menipis, dan juga mengurangi pencemaran udara.

Menanam pohon dl lingkungan merupakan kewajiban setiap orang.

3. Menggunakan Jenis Kendaraan yang Ramah Lingkungan

Kendaraan yang ramah lingkungan menghasilkan gas buang yang tidak berbahaya. Dengan begitu, pencemaran udara yang sernakIn hari semakin parah dapat menjadi berkurang.

4. Mempercantik Lingkungan

Mempercantik iingkungan dapat kita lakukan dengan menghias taman atau kebun dengan menanam berbagai macam tanaman bunga. Lingkungan yang indah dan asri sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Hak Kita Terhadap Lingkungan

Setelah kita memahami pentingnya kewajiban kita terhadap lingkungan, maka kita juga berhak untuk memperoleh hak dari lingkungan.

Hak yang kita peroleh dari lingkungan antara lain adalah sebagai berikut:

1. Menikmati Lingkungan yang Bersih, Segar, dan Sehat

Lingkungan yang bersih dan segar akan membuat tubuh kita senantiasa sehat dan hidup menjadi lebih nyaman.

Jika tubuh kita sehat dan pikiran pun tenang, maka kita dapat melakukan kegiatan dengan lebih baik. Dan juga, kita tidak akan mudah terserang berbagai macam penyakit.

2. Mendapatkan Air yang Bersih dan Sehat

kita sangat membutuhkan air bersih untuk minum dan bermacam kegiatan lainnya, misalnya mandi maupun mencuci pakaian.

Jika suatu lingkungan bersih dan sehat, maka ketersediaan air bersih akan terjamin. Tentunya kebutuhan kita akan air bersih dapat terpenuhi.

Ternyata air bersih itu memiliki banyak manfaat lho! Teman-teman bisa baca: Manfaat Air bagi Kehidupan

3. Tumbuhan dan Hewan Hidup Sehat

Lingkungan yang bersih serta sehat, membuat makhluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan juga akan tumbuh dengan baik. Kalau hewan dan tumbuhan tumbuh dengan baik, kita bisa mendapat manfaat dari makhluk hidup tersebut untuk berbagai kebutuhan manusia sehari-hari.

4. Terhindar dari Bencana Alam

Seringkali bencana alam terjadi akibat ulah manusia itu sendiri, termasuk karena lingkungan yang tercemar atau rusak. Misalnya banjir dan longsor.

Ketika hutan sebagai daerah resapan air terjaga dan sampah tidak mencemari lingkungan, maka bencana tersebut tidak akan terjadi.

Lebih lanjut, teman-teman bisa baca: Penyebab kerusakan hutan.

5. Terbebas dari Berbagai Pencemaran Lingkungan

Lingkungan yang bersih dan sehat membuat kita terhindar dari berbagai pencemaran, sehingga terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam kesehatan.

Baca Juga:

Contoh Perbuatan yang Dapat Menjaga Lingkungan

Lingkungan yang bersih dan sehat dapat terwujud jika setiap orang melaksanakan kewajiban kita terhadap lingkungan.

Kesadaran untuk menjaga lingkungan harus ditanamkan sejak kecil, misalnya dengan membiasakan membuang sampah di tempatnya sejak masih kecil.

Berikut ini beberapa contoh sikap dan perilaku yang tepat dalam mewujudkan lingkungan yang lebih baik:

  1. Senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  2. Tidak memanfaatkan sumber daya alam secara berlebihan.
  3. Menggunakan teknologi yang tidak mengakibatkan kerusakan lingkungan.
  4. Menggunakan air dengan bijak.
  5. Merawat tumbuhan di sekitar rumah, baik pohon maupun tanaman hias.

Nah, itu tadi adalah apa saja hak dan kewajiban kita terhadap lingkungan. Dengan membaca artikel ini, semoga Sahabat Sola makin menyadari bahwa lingkungan yang baik itu amat penting bagi keberlangsungan hidup manusia.