Home » Blog » Umum » Cara Mengurangi Sampah dengan Prinsip 5R

Cara Mengurangi Sampah dengan Prinsip 5R

Loading...
cara mengurangi sampah

Cara Mengurangi Sampah dengan Prinsip 5R – Semakin hari, semakin banyak populasi manusia, hal tersebut kemudian mendorong banyaknya sampah. Baik itu, sampah individu, maupun hasil produksi.

Banyaknya sampah bisa berdampak buruk bagi lingkungan maupun kelestarian alam. Oleh sebab itu, diperlukan upaya-upaya dalam rangka mengurangi sampah.

Selain mendaur ulang (recycle), mengurangi sampah dapat dilakukan dengan reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), replace (mengganti), dan repair (memperbaiki).

Cara Mengurangi Sampah dengan Prinsip 5R

Recycle, reduce, reuse, replace, dan repair dikenal juga dengan prinsip 5R. Berikut ini penjelasan masing-masing cara mengurangi sampah dengan prinsip 5R.

Recycle

Recycle artinya mendaur ulang. Recycle merupakan upaya pengurangan sampah dengan cara mendaur ulang. Pada perinsipnya, kegiatan ini memanfaatkan barang bekas dengan cara mengolahnya untuk dapat digunakan lebih lanjut.

Loading...

Untuk itu, kita harus dapat membedakan antara sampah organik dan anorganik.

Sampah organik, misalnya sampah dedaunan, limbah pertanian, dan limbah dapur dapat diolah menjadi pupuk kompos.

Sementara itu, sampah anorganik seperti botol kaca dan plastik dapat diolah menjadi hiasan atau pot tanaman.

Reduce

Reduce artinya mengurangi. Reduce merupakan kegiatan mengurangi pemakaian suatu barang, perilaku yang dapat mengurangi produksi sampah, dan tidak melakukan pola konsumsi yang berlebihan.

Misalnya, menggunakan produk-produk yang dapat diisi ulang seperti bolpoin, sabun, deterjen, dan minyak goreng.

Loading...

Reduce juga berarti mengurangi belanjaan yang tidak terlalu dibutuhkan.

Reuse

Reuse artinya menggunakan kembali. Reuse adalah menggunakan kembali barang-barang yang masih bisa digunakan.

Sebagai contoh, kantong plastik atau kantong kertas yang umumnya didapat dari hasil kita berbelanja, sebaiknya tidak dibuang, tetapi dikumpulkan untuk digunakan kembali saat dibutuhkan.

Replace

Replace artinya mengganti. Replace adalah kegiatan mengganti pemakaian suatu barang dengan barang lain yang sifatnya lebih ramah lingkungan dan dapat digunakan kembali.

Contohnya, pemakaian kertas tisu dapat digantikan dengan sapu tangan. Contoh lainnya adalah mengubah menggunakan kantong plastik atau kertas belanjaan dengan membawa tas belanja sendiri yang terbuat dari kain.

Loading...

Repair

Repair artinya memperbaiki. Repair adalah memperbaiki barang-barang yang rusak agar dapat digunakan kembali.

Dengan cara tersebut, kita tidak perlu membeli barang-barang baru, karena barang yang lama masih dapat digunakan kembali.

Baca Juga:

Nah, penjelasan di atas merupakan berbagai cara dalam mengurangi sampah dengan menerapkan prinsip 5R. Ingatlah untuk selalu menjaga kelestarian alam, salah satunya dengan cara mengurangi sampah.

Loading...