Home » Blog » Umum » 6 Fakta Unik Bunga Mawar yang Jarang Diketahui

6 Fakta Unik Bunga Mawar yang Jarang Diketahui

fakta bunga mawar

6 Fakta Unik Bunga Mawar yang Jarang Diketahui – Banyak orang mengira bahwa bunga mawar hanya berwarna merah saja. Nyatanya, mawar hadir dengan berbagai macam warna dengan maknya masing-masing.

Selain itu, bunga mawar juga sering dihubung-hubungkan dengan romantisme, kasih sayang dan hal-hal yang berbau cinta. Memang benar demikian, tapi setiap warna tersebut sebenarnya memiliki arti yang lebih spesifik.

Mulai dari bunga paling tua sampai yang harganya jutaan dolar, berikut adalah fakta menarik bunga mawar yang Sahabat Sola perlu tahu. Let’s check it out!

1. Mawar Adalah Salah Satu Bunga Tertua

Fakta bunga mawar yang pertama, bunga ini termasuk salah satu bunga paling tua.

Tidak heran jika mawar sering disebut-sebut dalam karya sastra maupun musik selama berabad-abad.

Ternyata, para arkeolog telah menemukan fosil mawar yang berumur 35 juta tahun.

Yang lebih mengejutkan, mawar tertua yang masih hidup berusia 1.000 tahun. Mawar abadi yang mengesankan ini tumbuh di dinding Katedral Hildesheim di Jerman.

2. Bunga Mawar Bisa Dimakan

Siapa sangka kalau bunga yang cantik ini bisa menjadi bahan kuliner?

Ternyata, kelopak mawar dapat dimakan dan air mawar sering menjadi tambahan untuk pembuatan jelly atau selai. Bahkan, bunga mawar juga sering digunakan sebagai penyedap rasa untuk masakan India dan Cina.

3. Aroma Mawar Kerap Digunakan dalam Parfum

Aroma bunga mawar yang khas, ternyata menarik minat produsen parfum untuk menggunakannya sebagai salah satu varian aroma.

Bukan tanpa sebab, bau khas bunga mawar memang cukup membius seseorang untuk menghampirinya. Wajar saja, harumnya yang lembut dan tidak mencolok, menjadikan disukai banyak orang.

Minyak mawar telah menjadi bahan penting dalam industri parfum selama berabad-abad. Proses mengekstraksi minyak mawar dari bunga membutuhkan bunga mawar dalam jumlah yang banyak, tapi hanya satu gram minyak yang dihasilkan dari dua ribu mawar.

4. Setiap Warna Mawar Memiliki Arti Yang Berbeda

Jika Anda tidak tertarik pada mawar merah klasik yang muncul di film dan kartu ucapan Valentine, Anda beruntung, karena ada lebih dari 10 warna mawar yang indah.

Semua warna bunga datang dengan makna tertentu. Misalnya, mawar merah yang melambangkan cinta dan romansa, mawar merah muda memancarkan keanggunan.

Warna cerah mawar kuning melambangkan persahabatan dan keceriaan.

Mawar putih menandakan simpati, itulah sebabnya mawar putih sering ada di pemakaman. Namun, mawar putih juga bisa mewakili kemurnian, spiritualitas, dan kepolosan.

Warna oranye melambang antusiasme, sehingga cocok untuk menjadi karangan bunga ucapan selamat.

5. Mawar adalah Bunga Nasional Amerika Serikat

Fakta unik selanjutnya tentang bunga mawar, bunga ini sudah dinobatkan menjadi bunga nasional Amerika Serikat.

Pada tahun 1986, Presiden Ronald Reagan mendeklarasikan mawar sebagai lambang bunga nasional Amerika Serikat. Dia bahkan melakukannya sambil berdiri di White House Rose Garden yang terkenal.

Berbagai varietas mawar juga menjadi bunga negara bagian Georgia, Iowa, New York, North Dakota, dan Washington, D.C.

6. Bunga Mawar Termahal Dijual Jutaan Dolar

Peternak mawar terkenal David Austin menghabiskan 15 tahun dan $5 juta untuk membiakkan varietas mawar langka yang dia sebut Juliet.

Mawar Juliet dijual seharga $ 15,8 juta atau sekitar 223 Milyar Rupiah pada tahun 2006. Itu menjadikannya sebagai kultivar mawar termahal di dunia.

Baca Juga:

Well, itulah fakta menarik tentang bunga mawar. Semoga bisa menambah pengetahuan Sahabat Sola yess!