Home » Blog » Umum » Contoh Teks MC Halal Bihalal dan Susunan Acaranya

Contoh Teks MC Halal Bihalal dan Susunan Acaranya

Contoh Teks MC halal bihalal

Contoh Teks MC Halal Bihalal dan Susunan Acaranya – Tradisi halal bihalal sudah sangat familiar untuk masyarakat Indonesia, biasanya dilaksanakan sehabis hari raya Idul Fitri. Bahkan, pagelaran ini kerap diramaikan dengan acara-acara keagamaan, serta menjadi ajang silaturahmi bagi masyarakat. Lalu bagaimana contoh teks MC halal bihalal dan susunan acaranya? Simak panduan berikut!

Contoh Teks MC Halal Bihalal Beserta Susunan Acaranya

Berikut adalah contoh teks untuk MC halal bihalal, serta susunan acaranya yang sudah kami runut.

1. Teks Pembukaan MC Halal Bihalal

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang kami hormati, khususnya ustadz selaku penceramah pada malam hari ini, serta segenap undangan yang berbahagia.

Patutlah kiranya di hari yang penuh kemenangan dan kebahagiaan ini, kita memperbanyak membaca tahmid dan takbir sebagai ungkapan rasa syukur kita yang sedalam-dalamnya kehadirat Allah Swt.

Karena, hanya atas limpahan nikmat dan rahmat-Nyalah di malam ini kita sekalian diperkenankan berkumpul tempat ini, dalam rangka berbagi maaf dan kegembiraan di hari yang fitri ini, atau yang sering kita dengar dengan istilah halal bihalal.

Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada junjungan dan panutan kita Nabi Besar Muhammad SAW, segenap keluarga, para sahabat, serta orang-orang yang senantiasa berpegang teguh pada Al-Qur’an dan sunnah.

Bapak-bapak serta hadirin sekalian yang berbahagia, setelah sebulan penuh kita berperang melawan amarah, haus dan lapar, yang mana semua itu merupakan ujian untuk mencapai kemuliaan derajat di sisi Allah SWT. Hingga kini kita telah tiba pada kesucian diri, suci dari dosa-dosa laksana bayi yang baru terlahir.

Karena itulah dalam kesempatan malam ini marilah kita sambut kemenangan ini dengan saling berbagi maaf dan kebahagiaan dalam suasana yang penuh dengan keakraban dan persaudaran.

Dan untuk menyingkat waktu, marilah kita buka acara pada malam hari ini dengan bacaan “Bismillahirrahmanirrahim”.

MC Membacakan Susunan Acara Halal Bihalal

Adapun susunan acara halal bihalal pada malam hari ini adalah sebagai berikut:

  1. Pembukaan, sebagaimana yang telah kita lewati bersama.
  2. Pembacaan Kalam Ilahi
  3. Sambutan-sambutan
  4. Acara Utama (Siraman Rohani)
  5. Istirahat
  6. Penutup/do’a

Setelah MC membacakan susunan acara halal bihalal, maka acara berlanjut ke pembacaan kalam ilahi.

2. Pembacaan Kalam Ilahi

Kini tibalah pada acara yang kedua, yakni Gema Wahyu Ilahi (Ganti sesuai judul acara), yang mana dalam hal ini akan disampaikan oleh (sebut nama pembaca Al-Qur’an) dan kepadanya kami persilahkan.

(Setelah ayat-ayat suci Al-Qur’an dilantunkan) Shadaqallaahul `Azhii Shodaqallahul Adzim

Kami ucapkan terima kasih kepada (sebut nama pembaca Al-Qur’an) yang telah membacakan kalamullah. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita sekalian dan pembaca pada khususnya.

3. Sambutan-sambutan Penyelenggara

Sekarang kita memasuki acara yang ketiga, yaitu sambutan-sambutan. Untuk sambutan yang pertama akan disampaikan oleh (sebut nama Ketua Panitia Penyelenggara) selaku Ketua Panitia Penyelenggara, kepadanya kami persilahkan.

Setelah sambutan…

Terima Kasih atas sambutan yang telah disampaikan oleh (sebut nama Ketua Panitia Penyelenggara). Demikianiah sambutan dari Ketua Penyelenggara, mudah-mudahan berkenan di hati para hadirin dan hadirat sekalian, dan kepadanya Kami sampaikan terima kasih.

4. Acara Utama

Untuk acara selanjutnya, tibalah pada acara yang merupakan agenda utama pada malam hari ini, yakni siraman rohani.

Siraman rohani pada acara halal bihalal ini akan disampaian oleh ustadz…. , kepada beliau kami persilahkan.

Setelah Siraman rohani disampaikan…

Demikianlah siraman rohani yang telah disampaikan oleh ustadz ………. , mudah-mudahan kita dapat memetik pelajaran dan apa yang telah beliau sampaikan tersebut, yakni dengan lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas iman kita di mata Allah SWT (Ganti sesuai tema ceramah), dan kepada beliau kami ucapkan ribuan terima kasih.

5. Istirahat

Dan kini tibalah kita pada acara istirahat, yang mana pada kesempatan kali ini kita akan manfaatkan waktu dengan saling bermaaf-maafan dan saling berbagi kehangatan sambil menikmati hidangan yang telah disediakan oleh panitia, kepada hadirin sekalian kami persilahkan.

Setelah istirahat usai…

Hadirin sekalian yang berbahagia, demikianlah inti dari acara halal bihalal yang telah kita selenggarakan bersama, mudah-mudahan dengan acara ini dapat semakin memperkokoh Ukhuwah Islamiyah di antara kita sekalian, sekaligus sebagai tauladan yang baik bagi generasi yang akan datang.

Baca Juga: Contoh Teks MC Acara Tasyakuran Kelahiran Anak dan Susunan Acaranya

6. Penutup / Doa

Dan kini tibalah pada acara penghujung, yakni penutup/doa, dan kepada ustadz ………. , kami persilahkan.

Setelah doa usai…

Terima kasih Kami ucapkan kepada ustadz ………., yang telah membacakan doa. Semoga Allah SWT mengijabah semua doa-doa kita. Amiin…

Di penghujung acara ini, Kami selaku pembawa acara / MC halal bihalal ingin mohon maaf apabila selama berjalannya acara Kami banyak kekurangan dan kekhilafan, mohon kiranya untuk membukakan pintu maaf.

Kami akhiri, Wallahul muwaffiq ila aqwamit-thariq, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Itulah contoh teks MC dan susunan acara untuk halal bihalal. Mohon perhatikan, jangan sampai terjadi kesalahan penyebutan nama, gelar dan jabatan.

Naskah lainnya: Contoh Naskah MC Akad Nikah Beserta Susunan Acaranya