Home » Blog » Umum » Contoh Naskah Pidato Tentang Hari Pahlawan

Contoh Naskah Pidato Tentang Hari Pahlawan

contoh naskah pidato hari pahlawan

Contoh Naskah Pidato Tentang Hari Pahlawan – Hari pahlawan merupakan hari besar yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, yang diperingati setiap tanggal 10 November.

Dalam hari besar tersebut, terkadang masyarakat membuat serangkaian acara untuk mengenang jasa para Pahlawan bangsa. Nah, jika Anda kebagian untuk mengisi pidato pembukaan untuk acara hari pahlawan, teks di bawah ini bisa Anda contoh.

Berikut adalah contoh naskah pidato hari pahlawan.

Contoh Naskah Pidato Hari Pahlawan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bapak-bapak, ibu-ibu serta saudara-saudara sebangsa setanah air yang berbahagia. Tiada sesuatu yang layak untuk kita ucapkan di hari yang bersejarah ini, melainkan ucapan syukur yang teramat dalam kehadirat Allah SWT.

Karena atas rahmat dan nikmat yang telah diberikan kepada kita, sehingga pada malam/pagi/siang hari ini kita dapat berkumpul di sini dalarn rangka mengingat kembali semangat patriotik arek-arek Surabaya untuk melawan kaum penjajah. Di mana pada waktu itu mernbonceng di belakang sekutu, yang hingga kini peristiwa bersejarah tersebut dikenal dengan hari pahlawan.

Hadirin sekalian yang berbahagia. Kita semua telah mengetahui bahwasanya tidak sedikit pahlawan yang gugur untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia ini.

Sebagaimana semangat kepahlawanan arek-arek Surabaya yang dernikian berapi-api. Begitu berapi-api hingga membakar dan menjalar kesegala penjuru kota dengan menanamkan semboyan “Lebih baik mati berkalang tanah, daripada hidup di bawah penindasan kaum koloni”.

Semua pengorbanan itu mereka lakukan hanya untuk mempertahankan kemerdekaan negara Republik Indonesia.

Hadirin sekalian yang berbahagia. Dari peristiwa 10 November tersebut kita dapat menarik kesimpulan, bahwasanya nikmat kemerdekaan adalah merupakan nikmat yang tiada ternilai harganya.

Begitu banyak pengorbanan para pahlawan untuk menjadikan martabat bangsa ini sebagai bangsa yang sederajat dengan bangsa-bangsa yang merdeka di belahan bumi ini.

Karena itulah, kita sebagai generasi yang tidak lagi hidup di bawah bayang-bayang kolonialisme ataupun hidup di antara peperangan dan kekejarnan penguasa, marilah kita bersama-sama mengisi kemerdekaan yang telah diwariskan kepada kita ini dengan sikap kemandirian dan patriotisme. Sebagai langkah untuk mewujudkan pernbangunan manusia seutuhnya, utuh lahir dan batin.

Hadirin sekalian yan berbahagia. Kemakmuran dan kesejahteraan suatu bangsa tidak akan tercipta begitu saja, tetapi harus diusahakan dan diperjuangkan dengan semangat yang membakar dan jiwa besar yang siap berkorban oleh setiap lapisan masyarakat.

Allah sendiri telah berfirman dalam Al-Qur’an, yang berbunyi:

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.”

(QS. Ar-Ra’d Ayat 11)

Hadirin sekalian yang berbahagia. Jadi tegaslah bahwasanya tidak akan tercapai suatu kehidupan yang sejahtera dan damai bilamana tidak ada upaya dari kita sekalian untuk mewujudkannya.

Sedangkan mensejahterakan dan memakmurkan bangsa bukanlah hanya tanggung jawab dari para pemimpin/penguasa, tetapi hal itu merupakan tanggung jawab dari semua pihak, yakni rakyat dan pemerintahan.

Untuk itu, marilah bersama-sama kita rapatkan barisan dan kita satukan langkah untuk mewujudkan cita-cita bangsa tersebut.

Demikian kiranya yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan dapat memberikan motivasi bagi kita sekalian untuk lebih bersemangat dalam berkarya, demi kemajuan bangsa akhirnya pada akhirnya.

Wabillahit taufiq wal hidayah, Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: Sejarah Nenek Moyang Bangsa Indonesia, serta Macam-macam Suku Bangsa

Silahkan Anda pergunakan contoh naskah pidato tentang hari pahlawan di atas, dan bisa Anda ganti kata-katanya sesuai dengan kebutuhan.