Home » Blog » Bisnis » Contoh Nama URL Blog yang Baik

Contoh Nama URL Blog yang Baik

Contoh Nama URL Blog yang Baik – Sebelum membuat sebuah blog yang keren, pertama-tama Anda harus memilih nama URL blog terlebih dahulu, karena selain memudahkan ke depannya, URL ini sangat berpengaruh sebagai branding blog misalnya.

Apa Itu URL?

Tapi sebelumnya Anda perlu tahu dulu apa itu URL. URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator. Pengertiannya adalah sebuah abjad, lambang atau angka yang mengidentifikasikan suatu website.

Perlu Anda tahu, URL dari setiap blog atau website berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Jadi, tidak ada satu pun url web yang kembar di dunia ini.

Contoh nama url blog sendiri bisa Anda lihat di bagian atas browser, seperti contoh gambar wikipedia di bawah ini:

contoh nama URL blog

Domain adalah URL bagian depannya (hompage/root domain), sedangkan bagian belakang biasa dikenal dengan link halaman (deep link), yang menyatakan dimanakah halaman web tersebut tersimpan pada directory.

Contoh Nama URL Blog

Lalu bagaimana cara menentukan atau memilih url untuk blog yang baik?

1. Berdasarkan Nama Perusahaan, Brand, atau Merek Dagang

Sebenarnya bebas-bebas saja memilih domain untuk url blog Anda, selama itu belum dimiliki oleh orang lain.

Tetapi, beberapa perusahaan bahkan rela mengeluarkan budget yang besar untuk membeli sebuah domain yang singkat, atau domain branding yang mencerminkan perusahaan tersebut.

Misalnya, nama sebuah perusahaan adalah PT. YTH (anggaplah seperti itu). Maka mereka bisa membeli nama domain untuk url mereka adalah yth.com misalnya, jika sudah tidak ada atau ada yang menggunakan, mereka bisa ganti dengan yth.id.

Namun domain yang memiliki 3 karakter sepeti itu biasanya harganya jauh lebih mahal daripada domain umum yang berisi 5 karakter ke atas.

Pada web ini sendiri, Kami memilih domain berdasarkan brand, jadi url nya seperti https://www.solaharthandal.com, dengan brand Solahart Handal.

Jadi intinya, menyamakan nama brand persis dengan url yang akan digunakan nantinya.

2. Berdasarkan Keyword atau Kata Kunci yang Ditarget

Dalam dunia SEO, ada yang namanya keyword atau kunci. Keyword yang berada dalam URL atau domain dipercaya dapat meningkatkan peringkat sebuah blog secara signifikan pada kata kunci yang bersangkutan.

Misalnya, sebuah blog membahas tentang tutorial windows 10 secara spesifik, maka contoh nama url blog atau domainnya bisa tutorialwindows10.com. Perhatikanlah, semua keyword masuk ke dalam bagian dari domain tersebut.

Istilah ini akrab dengan sebutan KOD (keyword on Domain).

3. Berdasarkan Nama Pemilik Blog

Anda juga bisa menentukan nama domain berdasarkan nama Anda sendiri. Contoh URL blog untuk nama sendiri seperti: neilpatel.com. Mungkin Anda sudah tak asing dengan nama tersebut.

Dia membuat nama domain berdasarkan namanya sendiri, yang pada akhirnya bisa menjadi sebuah brand yang kuat, dan mempopulerkan namanya sendiri.

Umumnya, blog yang memakai nama pemilik ini cenderung untuk sesuatu hal yang sifatnya menjelaskan tentang dirinya, maupun menegaskan kepemilikan.

Baca Juga:

4. Contoh Nama URL Blog Menggunakan Kata-kata General

Anda juga bisa juga memakai contoh URL blog dengan menggunakan sesuatu yang general atau umum. Misalnya, kursi.com, meja.com, dunia.com dan lainnya.

Kata-kata tersebut merupakan kata-kata benda umum yang tidak bisa dipatenkan hak kepemilikannya. Tetapi dengan memilih nama domain tersebut, blog akan lebih terdengar familiar dan mudah diingat.

Itulah beberapa contoh nama URL blog yang bisa Anda gunakan. Pikirkan baik-baik sedari dini nama blog Anda, karena jika mengubahnya di tengah jalan, akan lebih ribet dan mempengaruhi web secara keseluruhan.