Home » Blog » Bisnis » 5 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

5 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

cara mendapatkan uang dari blog

5 Cara Mendapatkan Uang dari Blog – Menghasilkan sesuatu dari yang kita suka itu adalah hal yang luar biasa, tidak semua orang mampu atau berkesempatan melakukannya.

Termasuk dalam hal ini blogging, banyak blogger tapi tidak semua bisa mendapat uang dari blog.

Mungkin karena memang belum mendapat kesempatan atau mungkin juga karena belum tahu bagaimana caranya.

Buat yang masih pada bingung bagaimana cara mendapatkan uang dari blog, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang walau hanya dengan modal yang sedikit.

Seperti yang kita tahu, sebenarnya ngeblog itu kan gak perlu banyak modal, bahkan bisa tanpa modal (kecuali kuota). Cuma kalau sudah ke arah yang lebih serius, tetep kudu ngeluarin modal yang cukup.

Tapi setidaknya, pastikan Anda sudah punya blog terlebih dahulu ya! Kalau belum, bacaan ini mungkin bisa jadi bayangan saja untuk Anda memulai ke depannya.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Berikut ini ada beberapa cara agar Anda dapat menghasilkan uang dari blog Anda, antara lain:

1. Dapatkan Traffic yang Memadai

Traffic adalah sumber yang paling utama pemasukan blog Anda. Apapun yang akan Anda lakukan nanti untuk memonetize blog, faktor utamanya akan bergantung dari seberapa banyak pengunjung yang datang ke blog Anda.

Jika blog sepi pengunjung atau tanpa visitor sama sekali, susah untuk menghasilkan uang dari blog.

Oleh karena itu, sebaiknya pada tahapan awal dalam membangun blog Anda harus fokus dengan bagaimana cara mencari traffic yang memadai.

Ada beberapa cara mendapatkan visitor yang bisa Anda lakukan, seperti:

  • Mengoptimalkan blog pada mesin pencari (SEO)
  • Share ke media sosial
  • Traffic dari refferal
  • Menggunakan jasa iklan

Pengoptimalan blog dengan SEO

Kalau Anda ingin traffic gratis, maka manfaatkanlah mesin pencarian besar, seperti Google, Yahoo, Bing dan Yandex.

Untuk dapat tempat yang bagus di mata search engine tersebut, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan artikel atau konten Anda.

Semua tentang SEO Saya tulis secara bertahap pada blog ini. Seperti pada artikel cara masuk halaman pertama Google tanpa backlink. Mungin Anda bisa membacanya nanti.

Intinya, dalam melakukan pengoptimalan ini Anda harus sabar, karena pembuktian efektif atau tidaknya metode SEO yang Anda terapkan itu tidak bisa terlihat dalam satu atau dua hari, bisa berminggu-minggu bahkan hitungan bulan. Yang penting Anda konsisten dalam menjalankannya dan tetap sabar.

Dengan menerapkan cara SEO yang benar, maka pengunjung potensial yang tertarget akan berdatangan ke blog Anda.

Sebagai contoh, ketika orang ingin membeli sepatu murah, mereka akan ketik kata kunci “sepatu murah Jakarta,” misalnya.

Jika blog Anda ada pada posisi teratas, kemungkinan pengunjung akan membeli produk Anda, atau setidaknya melihat-lihat dahulu.

Artinya, tingkat konversi lebih tinggi karena sangat tertarget sesuai dengan yang pengunjung harapkan.

Menurut Saya pribadi, pengunjung yang berasal dari mesin pencari itu sangat besar jumlahnya, jadi tak ada salahnya kalau Anda fokus pada hal yang satu ini.

Memanfaatkan Media Sosial

Sekarang adalah eranya media sosial, semua bisa terkoneksi dengan platform yang sangat powerful ini.

Dengan memaksimalkan potensi media sosial, Anda bisa menjaring visitor yang cukup banyak. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan traffic dari medsos, seperti:

  • Share ke grup yang relevan
  • Membuat fanspage FB
  • Memanfaatkan fitur Hashtag (Twitter)

Tapi ingat, jangan terlalu banyak share link Anda dalam satu waktu, soalnya akhir-akhir ini Facebook rada galak. Link Anda bisa dianggap spam!

Selain dari FB, bisa juga Anda share ke medsos lain seperti, Instagram, Twitter, Pinterest, Linkedin atau coba share ke beberapa forum seperti Reddit dan KasKus.

Yang paling penting, Anda membagikan post ke grup atau topik yang sesuai dengan apa yang Anda bagikan.

Kalau tidak relevan atau gak nyambung dengan pembahasan grup, percuma, gak ada yang buka link Anda. Malah bisa dilaporkan atau ditendang dari grup.

Refferal

Selain dari dua sumber traffic di atas, Anda juga bisa mendapatkan potensi traffic potensial dari website-website yang mereffer blog Anda.

Bisa dengan cara guest post di blog orang lain yang trafficnya ramai, atau menulis di forum-forum tanya jawab seperti Quora.

Jangan lupa untuk tinggalkan link Anda, karena itu pintu masuk menuju blog Anda. Tapi, jangan asal meninggalkan link, buatlah tulisan senatural mungkin sesuai pembahasan, supaya tidak terkesan terlalu promosi.

Memanfaatkan Jasa Iklan

Cara ini efektif juga untuk mendatangkan traffic, tapi berbayar.

Sebenarnya kalau Anda punya modal yang cukup untuk memasang iklan, tak ada salahnya untuk mencoba. Karena selain Anda bisa mendapat trafiic, Anda juga turut mempromosikan nama blog Anda.

Jadi sewaktu-waktu saldo iklan Anda habis, akan ada saja visitor yang membookmark dan kembali lagi ke blog Anda, asalkan apa yang Anda tawarkan menarik dan bermanfaat.

2. Menjadi Publisher Google AdSense

Cara mendapatkan uang dari blog selanjutnya adalah dengan menjadi mitra Google AdSense. Untuk bergabung, Anda tidak dikenakan biaya, justru sebaliknya, mereka yang akan membayar Anda jika memenuhi syarat.

Mungkin ada yang belum tahu apa itu Google AdSense, singkatnya mereka adalah perusahaan periklanan yang menayangkan iklan pada blog yang bekerjasama dengan mereka.

Sebenarnya ada juga beberapa perusahaan periklanan yang menawarkan jasa yang serupa dengan AdSense, seperti Propeller Ads, BidVertiser, MGID dan lainnya, tetapi yang membayar publishernya paling tinggi adalah Google AdSense.

Makanya banyak blogger-blogger profesional yang memilih AdSense sebagai cara mendapatkan uang dari blog mereka.

Namun untuk bergabung dengan raksasa periklanan milik Google ini cukup sulit, tak heran kalau banyak para blogger yang berlomba-lomba untuk bisa bergabung dengannya.

Kalau Anda ingin mendaftar, silahkan kunjungi langsung laman Google AdSense. Jangan lupa baca ketentuan dan kebijakannya supaya gampang diapprove.

Untuk mendapat penghasilan dari Google AdSense ini Anda harus punya traffic yang bagus, mungkin kalau hanya sekedar punya akun Google saja tidak terlalu sulit, yang sulit adalah bagaimana cara mengisi saldo AdSense ini.

Makanya pada poin pertama tadi sudah Saya jelaskan mengapa traffic itu penting bagi sebuah blog. Karena kalau traffic sudah bagus, Anda mau memonetisasi blog dengan cara apapun akan mudah.

Kalau ingin mendapatkan uang dari AdSense ini dengan maksimal, maka cobalah buat blog berbahasa Inggris atau yang target pengunjungnya bule. Artinya, artikel Anda harus berbahasa Inggris.

Biasanya biaya per klik (BPK) blog “bule” lebih tinggi daripada visitor dari dalam negeri. Tetapi kalau Anda belum bisa, buat aja blog berbahasa Indonesia juga oke, asalkan punya traffic yang tinggi.

3. Open Guest Post / Content Placement

Membuka Guest Post bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari blog juga lho! Banyak blog-blog besar yang membuka guest post dengan bayaran per post atau artikelnya.

Salah satu penghasilan Saya pun berasal dari guest post di beberapa blog yang Saya kelola. Tujuan mereka membayar adalah untuk mendapat traffic dari blog kita ataupun mendapat backlink.

Biasanya, para blogger lain akan mencari blog yang ramai traffic atau punya authority yang bagus untuk menanam backlink.

Maka mereka akan menawarkan diri untuk menulis di blog kita dengan bayaran tertentu. Tentu harganya bervariasi, dari kisaran ratusan ribu per post hingga jutaan rupiah.

Jika ingin blog Anda menjadi tempat untuk guest post, pertama-tama Anda harus membuat blog serius dan memiliki traffic yang memadai.

Biasanya para pencari guest post akan melihat kualitas blog dengan patokan Domain Authority (Moz), ranking Alexa, maupun DR UR ala Ahrefs.

Kalau metriksnya sudah bagus dan artikel banyak di halaman pertama Google, tanpa Anda woro-woro “open guest post” para pencari ini akan mengirimi Anda penawaran.

Tak jarang Anda akan dapat penawaran dari perusahaan-perusahaan yang ingin mempromosikan produk mereka.

Pendapatan Anda bisa double dari blog, dengan cara memasang iklan Google AdSense dan open guest post.

Tetapi hal ini memang tidak mudah, namun paling tidak kita harus optimis hal ini bisa tercapai sebagai motivasi awal dalam ngeblog.

Paid for Review

Selain guest post, ada juga istilah “Paid for Review,” yaitu kita mereview produk suatu perusahaan atau blog tertentu.

Sebenarnya sih konsepnya hampir sama dengan guest post, namun biasanya kita sendiri yang menulis artikel dan memberikan penilaian atau kesan pada produk tersebut.

Tujuan mereka membayar tentu saja ingin mempromosikan produk di blog kita dan juga mendapat backlink pastinya.

Kalau Anda punya blog yang masih baru pun bisa untuk meminta jasa blog yang lebih besar untuk mereview blog Anda, tentunya dengan membayar pada mereka.

Keuntungannya, Anda bisa mendapat traffic, backlink yang berkualitas, serta blog Anda menjadi terkenal. Win-win solution bukan?

Untuk tempat mereview yang bagus, dan bisa dapat limpahan traffic, coba deh ke situs-situs populer yang sudah terkenal dan memiliki reputasi baik.

4. Jualan di Blog

Anda juga bisa mendapatkan uang dari blog dengan cara mempromosikan produk yang Anda jual. Misalnya saja website ini, Anda bisa lihat landing page Kami di link https://www.solaharthandal.com.

Seumpama Anda jual sepatu, Anda bisa buat blog yang berhubungan dengan sepatu, kemudian ujung-ujungnya mempromosikan produk Anda sendiri. Bisa juga Anda gabung dengan iklan AdSense.

Bisa juga dengan membuat toko online dengan berbagai macam produk seperti bukalapak atau tokopedia.

Anda tak perlu stok barang itu semua, bisa saja Anda jadi reseller mereka atau mengajak penjual untuk menjual produk di tempat Anda.

Untuk mendapatkan traffic di toko online ini, Anda bisa meminta bantuan para penjual untuk menyebarkan di medsos mereka atau memasang iklan.

Pemasangan Solahart Handal

5. Jual Beli Blog

Cara mendapatkan uang dari blog dengan cara jual-beli blog juga sudah lumrah untuk para blogger.

Anda bisa membeli dan menjual kembali, ataupun membangun konten dari awal kemudian menjualnya.

Harga dari sebuah website atau blog ini bervariasi, tergantung dari beberapa kriteria, seperti:

  • Jumlah Visitor per hari
  • Domain Authority
  • Alexa Rank
  • Jumlah Artikel

Biasanya, harga blog ini bisa berkisar antara ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Kalau Anda ingin murni berbisnis, Anda tak perlu membangun website dari awal, cukup main jual dan beli saja dengan mengambil keuntungan dari selisih harga.

Namun kalau Anda ingin main dengan cara ini, Anda butuh modal awal untuk membeli sebuah blog dan perlu pengetahuan lebih mendalam tentang blog.

Pada akhirnya, cara dapat uang dari blog di atas membutuhkan konsistensi serta kesabaran dalam menjalaninya. Jangan terlalu berharap hari ini bikin blog besok udah bisa dapat uang, walau mungkin aja sih.

Tetapi, blogger-blogger yang sudah sukses menempuh perjalanan bertahun-tahun lamanya untuk bisa menghasilkan sampai ratusan juta Rupiah per bulannya.

Yang penting, enjoy aja menjalani hobi blogger ini, seiring berjalannya waktu, duit bakalan ngikut sendiri asal caranya benar dan selalu upgrade kemampuan.

Mungkin itu saja beberapa cara mendapatkan uang dari blog baik tanpa modal maupun mengeluarkan modal. Jika ada tambahan akan Saya update secara berkala. Semoga menambah wawasan Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *