Home » Blog » Sosial » 5 Cara Menghilangkan Kesedihan yang 100% Works

5 Cara Menghilangkan Kesedihan yang 100% Works

Cara menghilangkan kesedihan

5 Cara Menghilangkan Kesedihan 100% Works – Hidup tak selamanya indah, tak selamanya hanya kenangan manis ataupun sesuatu yang kita suka. Kadang ada saja masalah yang menerpa. Tak jarang hal itu membuat kita jadi terpuruk dan bersedih hati.

Namun, kesedihan yang berlarut-larut itu tidak baik. Tidak baik untuk kesehatan jiwa maupun raga kita. Dalam agama pun kita tidak boleh meratapi kesedihan yang berkepanjangan.

Ingat, hidup Anda masih panjang dan masih banyak impian yang belum Anda gapai!

Untuk itu, kala Sahabat Sola yang mempunyai masalah tentang kesedihan seperti di atas, ada baiknya segera ditangani sebelum semuanya menjadi lebih buruk lagi.

Ada beberapa cara sederhana untuk menghilangkan kesedihan yang bisa kita lakukan seperti beberapa hal di bawah ini!

1. Mendengarkan Musik

Percaya atau tidak, musik yang berirama gembira dapat mengubah mood Anda jadi lebih baik. Sebaliknya, jika musik tersebut bernuansa sedih, maka itu akan memperburuk keadaan Anda.

So, kalau Anda berniat ingin menghilangkan rasa sedih Anda, sebaiknya dengarkanlah musik-musik berirama gembira atau musik-musik upbeat dengan nada mayor.

Pada beberapa orang, genre musik metal, rock atau musik cadas lainnya juga bisa merubah mood dan membangkitkan semangat.

2. Bercerita Kepada Orang Terdekat

Cara menghilangkan kesedihan selanjutnya yaitu dengan bercerita kepada orang terdekat. Bisa itu teman, sahabat, maupun keluarga.

Saat sedang sedih atau terpuruk, susah rasanya untuk dihadapi sendirian. Oleh karena itu, Anda membutuhkan seseorang untuk bercerita tentang masalah yang Anda hadapi.

Kita ini sebagai manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup sendirian, saling membutuhkan satu sama lain. Termasuk saat Anda sedang sedih, Anda membutuhkan orang untuk meringankan beban Anda. Walaupun, seseorang tersebut tugasnya hanya mendengarkan keluh kesah Anda. Itu akan banyak mengurangi beban Anda!

Anda bisa bercerita pada orang yang Anda percaya, seperti sahabat ataupun keluarga. Yakinlah, kerabat Anda pasti akan mendengarkan segala masalah yang Anda hadapi. Bahkan, bisa saja mereka memberikan solusi atas kesedihan yang Anda alami.

3. Mencari Hiburan

Jangan hanya di rumah saja! Saat Anda sedang terpuruk sebaiknya keluarlah dan cari udara segar. Itu akan mengubah mood Anda dan mengalihkan kesedihan Anda.

Tempat yang cocok untuk Anda kunjungi seperti pegunungan, pantai atau mall. Tempat-tempat tersebut bisa jadi penghibur Anda dalam menghilangkan duka lara.

Selain itu, refreshing diperlukan untuk menyegarkan otak Anda dari kepenatan rutinitas sehari-hari.

4. Hadapi!

Tak ada kata lain yang lebih ampuh selain “Hadapi!”. Apapun masalah Anda, jangan kabur, hadapilah meskipun hal itu akan berakibat buruk bagi Anda.

Semakin Anda menunda-nunda penyelesaian masalah, semakin perasaan tidak enak akan menghantui Anda selama masalah itu belum selesai!

Cari tahu sumber masalahnya, pikirkan, kemudian cari solusi yang tepat atas permasalahan Anda. Terakhir, hadapi dengan kepala tegak!

Baca Juga:

5. Mendekatkan Diri Pada Tuhan

Tak ada cara yang lebih baik untuk menghilangkan kesedihan daripada cara yang satu ini. Hanya dengan mendekatkan diri pada Tuhan, setidaknya Anda bisa lebih tenang dan berpikir lebih jernih atas masalah apapun yang Anda hadapi.

Sebagai manusia kita tidak boleh sombong dengan mengabaikan pertolongan Tuhan. Yakinlah, Tuhan menciptakan cobaan untuk Anda, dan Tuhan juga yang bisa menyelesaikan persoalannya. Anda hanya dituntut untuk mendekat dan meminta pada Yang Maha Kuasa!

Sebenarnya, momentum ini juga cocok buat Anda yang ingin bertaubat. Bisa saja masalah yang membuat Anda sedih ini adalah ujian yang Tuhan berikan agar Anda lebih mendekatkan diri pada Tuhan dan membuang semua sifat buruk Anda!

Lihatlah dari sisi positfnya kawan!

Semoga cara menghilangkan kesedihan seperti di atas setidaknya bisa meringankan beban Anda. Cobalah beberapa solusi di atas, dan rasakan keajaibannya!