Home » Blog » Sosial » 5 Cara Agar Selalu Bersyukur Setiap Saat

5 Cara Agar Selalu Bersyukur Setiap Saat

Cara Agar Selalu Bersyukur

5 Cara Agar Selalu Bersyukur Setiap Saat – Pernahkan Anda mengeluh tentang keadaan yang terjadi pada diri Anda? Atau Anda merasa bahwa hidup ini tidak adil untuk Anda?

Jika Anda merasa demikian, bisa jadi Anda masih kurang bersyukur dalam hidup ini, sehingga apapun kejadian buruk yang menimpa Anda, Anda akan menganggap itu benar-benar sesuatu yang buruk. Padahal, bisa jadi itu merupakan ujian hidup yang akan berujung pada hal yang manis kelak.

Kurang bersyukur merupakan awal petaka yang akan menjerumuskan Anda pada hal-hal negatif selanjutnya. Untuk itu, Anda mesti segera ubah mindset, serta rubah kebiasaan Anda menjadi pribadi yang lebih positif dan mampu mensyukuri setiap keadaan.

Bagaimana cara agar selalu bersyukur?

1. Selalu Mengingat Kejadian yang Membuat Anda Bersyukur

Saat Anda sedang bad mood dan selalu mengeluh tentang keadaan, ada baiknya Anda mengingat-ingat kejadian di masa lalu yang membuat Anda selalu bersyukur.

Misalnya, ketika Anda selamat dari kecelakaan, ketika Anda ditolong oleh seseorang dari masalah, atau apapun yang membuat Anda selamat dari nasib buruk.

Bayangkan saja kalau tidak ada penolong-penolong itu, apa jadinya Anda sekarang?

Oleh karena itu, ketika Anda mengingat-ingat kembali kejadian tersebut, rasa syukur akan kembali tumbuh dan Anda akan memandang hidup ini lebih baik lagi.

Lakukanlah hal ini terus-menerus disaat Anda mulai mengeluh terhadap keadaan.

2. Berbagi

Berbagi adalah salah satu bentuk syukur yang terbaik. Tidak melulu soal materi, tetapi Anda bisa berbagi terhadap sesama dengan tenaga maupun ide-ide yang Anda miliki.

Saat berbagi, sebenarnya alam bawah sadar Anda menyatakan bahwa Anda berkelebihan, atau Anda lebih mampu daripada orang yang Anda beri, karena Anda bisa memberikan apa yang Anda miliki.

Ketika perasaan berkelebihan itu terus muncul, maka Anda akan merasa “kaya” dan efeknya kekayaan itu juga akan datang menghampiri Anda.

3. Jangan Suka Membanding-bandingkan

Membanding-bandingkan adalah penyakit yang membuat Anda akan merasa lebih rendah, serta lebih tak berdaya. Hal itu yang kemudian membuat putus asa dan jauh dari rasa syukur.

Padahal, setiap orang punya keistimewaan masing-masing yang dapat dikembangkan potensinya.

Jadi, daripada membanding-bandingkan pencapaian dengan orang lain, alangkah baiknya kalau Anda fokus pada kelebihan Anda dan bersyukur atas apa yang Anda miliki.

Anda harus berpikir bahwa apa yang Anda miliki berlum tentu orang lain miliki. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih spesial dan lebih bersyukur atas karunia-Nya.

Baca Juga:

4. Mudah Berterima Kasih

Mudah berterima kasih merupakan salah satu cara agar selalu bersyukur.

Untuk menjadi orang yang selalu bersyukur, dapat Anda mulai dengan langkah kecil, yaitu selalu mengucap “Terima Kasih” kepada orang di sekitar Anda.

Sekecil apapun kebaikan yang orang berikan pada Anda, ucapkanlah Terima Kasih.

Meskipun sederhana, tetapi ucapan Terima Kasih akan sangat berkesan bagi orang-orang yang membantu Anda. Dan lagi, orang-orang akan sangat menghargai Anda karena mereka tahu bahwa Anda adalah orang yang “Tahu Terima Kasih!”.

5. Kurangi Mengeluh

Mengeluh merupakan bentuk kontra dari rasa syukur. Untuk menjadi pribadi yang selalu bersyukur, tentu Anda harus melawannya!

Saat Anda mulai mengalami kejadian buruk misalnya, cobalah mengucap “Alhamdulillah” atau “Terima Kasih Tuhan” atau kalimat apapun yang melambangkan rasa syukur. Hal itu akan membalikkan mood Anda, dari yang mau mengeluh, justru malah lebih berpikir positif.

Memang tidak mudah pada awalnya, namun jika Anda melakukannya secara kontinyu, maka Anda akan terbiasa dengan lebih banyak bersyukur ketimbang mengeluh.