Lompat ke konten
Home » Blog » Musik » Gokil! 5 Band dengan Aksi Panggung dan Penampilan Nyentrik

Gokil! 5 Band dengan Aksi Panggung dan Penampilan Nyentrik

Slipknot Band dengan Aksi Panggung Unik
Image by loudersound.com

Gokil! 5 Band dengan Aksi Panggung dan Penampilan Nyentrik – Seorang musisi atau band, tidak hanya menjual hasil karyanya, tetapi juga menjual penampilan dan aksi panggung untuk pertunjukkan ataupun sebagai ciri khas mereka.

Malah, kadang justru band tersebut lebih terkenal karena aksi panggunggnya yang unik dan nyentrik, ketimbang hasil karya mereka.

Tak jarang, penampilan atau ciri khas mereka menjadi influence bagi band-band saat ini.

Siapa saja band dengan aksi panggung unik maupun penampilannya yang nyeleneh? Berikut telah Kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Nirvana

Nirvana merupakan band Alternative Rock asal Washington, Amerika Serikat.

Band yang dikomandoi oleh Kurt Cobain ini berhasil menyihir penggemarnya dengan karyanya yang begitu fenomenal maupun aksi panggungnya yang memukau.

Nirvana kerap menunjukkan aksi panggung yang detruktif, dengan menghancurkan alat-alat musik yang mereka gunakan ketika selesai perform.

Selain itu, atribut alakadarnya khas Rock ‘n’ Roll juga menjadi ciri khas band yang terkenal dengan sub genre “Grunge” nya ini.

Meskipun aksi panggung mereka terkesan brutal dan destruktif, namun Nirvana berhasil menjadi role model para musisi sampai saat ini, selain karya-karyanya tentu.

Sayangnya, band ini harus terhenti karirnya karena meninggalnya sang Vokalis “Kurt Cobain” yang bunuh diri pada tahun 1994 silam.

Personil yang masih tersisa, Dave Grohl sang drummer, kemudian membentuk band lagi. Namun sekarang ia menjadi vokalis sekaligus gitaris dari Foo Fighter, sebuah band yang mengusung genre rock.

2. KISS

Band Heavy Metal yang satu ini juga begitu terkenal karena penampilannya yang eksentrik. Mereka kerap mengecat wajah dengan riasan hitam putih.

Selain tampilannya yang unik, KISS juga telah menelurkan karya-karya emas, seperti Rock and Roll All Nite, Detroit Rock City dan God Gave Rock ‘n’ Roll to You.

Hebatnya, band asal New York, Amerika Serikat ini masih aktif melakukan konser di berbagai negara. Bayangkan, mereka aktif dari tahun 1973 sampai sekarang! Tidak banyak band yang bisa eksis selama itu!

3. Slipknot

Bagi penggemar musik Metal, siapa yang tidak kenal dengan band asal Iowa, Amerika Serikat ini.

Slipknot merupakan band Metal yang menyihir penggemarnya dengan aksi panggung yang atraktif, maupun kostum yang menarik.

Pada konser-konsernya, mereka kerap kali menggunakan topeng, maupun wearpack seragam. Hal inilah yang membuat Slipknot terasa berbeda dengan band-band Metal lainnya.

Tidak cuma soal kostum dan penampilan, Slipknot juga jadi salah satu band pendongkrak populernya musik Nu Metal di Dunia, pada akhir ’90-an sampai awal tahun 2000.

Baca Juga: 5 Band Rock Asal Inggris yang Paling Berpengaruh di Dunia

4. Daft Punk

Musisi elektronik juga tak kalah uniknya. Agar lebih dikenal dan memiliki ciri khas, Duo asal Perancis Daft Punk, kerap menggunakan helm futuristik di setiap penampilan mereka.

Grup yang mengusung Disco dan Elektronik ini tercipta pada tahun 1993, dengan personil Guy-Manuel de Homem-Christo dan Thomas Bangalter.

Sayangnya, belum lama ini Daft Punk memutuskan untuk bubar.

Baca Juga: 7 Alat Musik Unik dari Berbagai Belahan Dunia

5. Misfits

Band Punk Rock satu ini juga punya ciri khas yang unik. Mereka menggunakan make-up wajah bertema horor.

Misfits berdiri pada tahun 1977 di New Jersey, Amerika Serikat, oleh sang vokalis, keyboardist, sekaligus pencipta lagu Glenn Danzig.

Karena mereka berpenampilan agak menyeramkan dan musiknya banyak yang bertema horor, Misfits juga dikenal dengan band Horror Punk.

Sepanjang karirnya, mereka telah menelurkan 7 studio album. Salah satu lagunya yang cukup terkenal yaitu Saturday Night, yang rilis pada tahun 1999 silam, pada album Famous Monsters.

Hingga kini, karya-karya Misfits menjadi influence bagi banyak band Punk di seluruh dunia. Tapi sepertinya tampilan mereka masih jarang yang meniru!

Baca Juga: Buat yang Lagi Bad Mood, Coba deh Dengar Lagu Mood Booster Ini!

Itulah band-band dengan penampilan unik sekaligus punya aksi panggung yang menarik. Selain memiliki packaging menarik, karya-karya mereka juga tak kalah hebat.