Home » Blog » Musik » 5 Band Rock Asal Inggris yang Paling Berpengaruh di Dunia

5 Band Rock Asal Inggris yang Paling Berpengaruh di Dunia

5 Band Rock Asal Inggris yang Paling Berpengaruh di Dunia – Inggris adalah negara yang banyak menghasilkan musisi legendaris. Termasuk beberapa band rock yang dianggap paling berpengaruh di dunia.

Dari negara ini pula istilah “Brit Pop atau British Pop” berasal.

Sebut saja The Beatles, The Cure, Rolling Stones dan masih banyak lagi musisi terkenal dari negara di Eropa tersebut. Lagu-lagu mereka pun masih banyak diputar hingga kini.

Oleh karena itu, tak heran jika Inggris menjadi salah satu rujukan musik dunia. Bahkan, banyak musisi saat ini dipengaruhi oleh musisi Inggris.

Lalu, siapakah 5 band rock asal Inggris yang berpengaruh di dunia? Berikut versi Solahart Handal.

1. The Beatles

The Beatles Band Paling Berpengaruh di dunia asal Inggris

Siapa yang tidak kenal dengan band asal Liverpool yang satu ini. Band pop rock ini sangat populer di tahun 60-an, semua anak muda saat itu sangat menyukai The Beatles.

Popularitasnya tidak hanya di Inggris saja, tetapi juga di seluruh dunia.

Lagu-lagu populer mereka di antaranya: Hey Jude, Yesterday, When I see her standing there, All you need is love dan banyak lagi.

The Beatles beranggotakan John Lennon (gitar ritem, vokal), Paul McCartney (gitar bass, vokal), George Harrison (gitar utama, vokal), Ringo Starr (drum, vokal).

Mereka telah memproduksi selusin Album. Banyak di antaranya menjadi hits, bahkan menjadi best seller.

So, tak heran bukan kalau mereka dianggap sebagai band rock paling berpengaruh di dunia sampai saat ini?

2. Rolling Stones

Rolling Stones

Band Rock asal London (Inggris) adalah rajanya band Rock ‘n’ Roll. Sebagian besar band Rock ‘n’ Roll sekarang dipengaruhi oleh The Rolling Stones.

Dengan gaya Mick Jagger yang sangat energik dan style bermain gitar yang sangat khas ala Keith richard, band ini menghasilkan $558.255.524 selama “The Rolling Stones A Bigger Bang Tour” yang juga merupakan tur konser berpenghasilan kotor tertinggi kedua sepanjang masa. Wow!

Hingga saat ini, band yang terbentuk pada tahun 1962 ini telah menghasilkan 32 album video, 25 album kompilasi, 23 album live, 30 album studio.

3. Queen

Queen band rock paling berpengaruh di dunia

Siapa yang tidak tahu lagu “We will rock you”?

Ya, Queen!

Siapa yang tidak tahu?

Queen adalah legenda band Rock yang berasal dari London “Inggris.” Lagu-lagunya di cover oleh banyak musisi saat ini.

Selama karirnya, Queen telah menghasilkan banyak single hit, yang membuat mereka memiliki banyak fans yang fanatik.

Sebut saja: We are the champion, We will rock you, Bohemian Rhapsody, Some body to love dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, banyak yang menganggap Queen sebagai band rock Inggris yang paling berpengaruh di dunia. Bukan hanya untuk negerinya saja, tapi juga untuk dunia.

4. Oasis

Oasis

Band ini terbentuk pada tahun 1991 di Manchester, Inggris. Mereka mulai di kenal publik pada era 90-an, dan banyak menghasilkan hits, di antaranya: Wonderwall, Don’t look back in angry, Champagne supernova, Don’t go away, Stand by me.

Lagu Oasis merepresentasikan perasaan dan kondisi anak muda saat itu, tak heran jika Oasis sangat ikonik pada era 90-an.

Tapi tak cuma lagunya saja, bahkan penampilan Oasis dengan gaya rambut khasnya juga menjadi trend di kala itu.

Hingga saat ini, lagu-lagu mereka masih diputar di radio-radio ternama.

Baca Juga:

5. Coldplay

Coldplay

Coldplay masih eksis hingga saat ini, dan termasuk band paling berpengaruh dari Inggris. Wajar saja, karena memang lagu-lagu yang mereka ciptakan begitu nyaman di telinga, serta liriknya yang menginspirasi.

Band ini memiliki ciri khas pada klip videonya. Selalu unik, artistik, tetapi memiliki makna yang dalam.

Dalam bidang musik, tak diragukan lagi kemampuannya, Coldplay adalah pembuat hits!

Coldplay terbentuk pada tahun 1996, mereka memenangkan banyak penghargaan sepanjang karir dan sukses menjual lebih dari 90 juta copy.

Itulah 5 band Rock paling berpengaruh di dunia yang berasal dari Inggris. Gaya musik atau lirik mereka bisa menjadi acuan dalam bermusik.