Home » Produk » Mengenal Solar Photo Voltaics di Indonesia

Mengenal Solar Photo Voltaics di Indonesia

Solar Photo Voltaics

Mengenal Solar Photo Voltaics di Indonesia – Indonesia merupakan negara khatulistiwa yang mendapatkan sinar matahari lebih banyak. Hal ini tentu menjadi keunggulan tersendiri, karena dapat menjadi energi terbarukan yang bisa menjadi energi ramah lingkungan.

Salah satu contohnya adalah solar hot water yang merupakan terobosan Solahart Handal untuk kebutuhan air panas.

Hal tersebut menjadi terobosan baru untuk tetap pada sumber energi terbarukan yang berasal dari matahari, yaitu panel surya atau yang sering Kita dengar adalah solar photo voltaics, di mana energi panas yang dihasilkan akan dikonversi menjadi energi listrik yang bisa kita gunakan sehari-hari.

Investasi Terbaik Masa Kini

Solar photo voltaics ini merupakan investasi yang paling baik yang dapat Anda lakukan untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan emisi gas.

Beberapa faktor yang menjadikan solar PV investasi terbaik masa kini adalah sebagai berikut:

  • Terbarukan dan tidak bisa habis (infinity) karena bersumber dari energi matahari
  • Ramah lingkungan karena bebas polusi suara, asap, getaran atau radiasi berbahaya
  • Mampu menghemat sebagian besar tagihan bulanan Anda
  • Mengurangi bahan bakar fosil untuk listrik dan mengurangi emisi gas
  • Dapat digunakan jangka panjang
  • Perawatan mudah
  • Menambah nilai jual properti Anda

Jenis – Jenis Panel Surya

Untuk panel surya sendiri memiliki beberapa tipe yaitu On Grid, Off Grid dan Hybrid. Berikut beberapa sistem yang membedakannya:

1. Sistem PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) On Grid

PLTS On Grid ini masih menggunakan jaringan PLN sebagai energi subsidinya. Jenis ini menggunakan KWH Exim (Export – Import) untuk mengurangi tagihan PLN dengan menggunakan panel surya.

Dengan begitu, tentu saja tidak akan terjadi kegagalan listrik seperti korsleting karena bila listrik PLN padam makan PV pun akan ikut padam. Ini cocok digunakan untuk kebutuhan rumah tangga atau kantor yang berada di ibu kota.

2. Sistem PLTS OFF Grid

Sistem PLTS jenis ini cocok digunakan untuk daerah tanpa jaringan listrik PLN. Panel surya ini dijadikan sebagai sumber listrik utama yang disupport menggunakan full baterai sebagai penyimpanan energinya. Sistem ini pun akan tetap berjalan tanpa PLN atau jika daerah terjadi pemadaman listrik.

3. Sistem PLTS Hybrid

Jenis sistem PLTS ini adalah gabungan dari kedua sistem, PLTS On Grid dan Off Grid. Sistem ini menggunakan jaringan PLN dan baterai sebagai penyimpanan energi.

Baca Juga: Manfaat Energi Matahari

Komponen Utama Sistem Panel Surya

Handal Water Heater

Untuk komponen utama dalam sistem panel surya adalah solar panel yang berfungsi sebagai penyerap cahaya matahari. Outputnya akan menghasilkan energi panas yang akan digunakan untuk kebutuhan listrik sehari-hari.

Lalu yang kedua adalah inverter yang memiliki fungsi sebagai pengatur antara energi panas yang dihasilkan dengan jaringan PLN yang sudah ada agar tidak terjadi kegagalan listrik. Inverter ini juga sebagai rekam energi agar efisiensi yang dihasilkan panel surya dapat diketahui.

Dan terakhir ada baterai yang berfungsi untuk penyimpanan energi panas matahari yang dihasilkan. Baterai ini hanya digunakan untuk sistem Off grid dan Hybrid.

Baca Juga: Cara Kerja Solar Water Heater, Air Hangat Dari Matahari

Itulah beberapa ulasan mengenai Solar Photo Voltaics atau yang populer dengan sebutan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Jika Anda tertarik mengenai Solar PV dan ingin menginstal di rumah Anda, silakan hubungi Kami di nomor 0813-8617-9609 atau klik tombol WhatsApp dan Anda akan otomatis tersambung ke customer service Solahart Handal serta Photo Voltaics ini.