Home » Blog » Umum » Keutamaan Ibadah Haji bagi Umat Muslim

Keutamaan Ibadah Haji bagi Umat Muslim

Loading...
Keutamaan Ibadah Haji bagi Umat Muslim

Keutamaan Ibadah Haji bagi Umat Muslim – Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang ke-5, di mana setiap Muslim yang mampu wajib untuk melaksanakan ibadah ini.

Mampu di sini dalam artian mampu secara fisik (sehat jasmani dan rohani), maupun mampu secara ekonomi. Kemampuan secara ekonomi tidak hanya semata mampu untuk membayar ongkos ibadah haji saja, tetapi mampu untuk menafkahi keluarga yang ditinggalkan selama melangsungkan ibadah haji.

Dan lagi, yang penting dalam melaksanakan ibadah haji adalah niat tulus yang semata-mata mengharapkan ridho Allah SWT. Tidak ada embel-embel ingin mendapat gelar “haji” atau dalam rangka menaikkan status sosial di tengah masyarakat.

Di luar dari aspek kemampuan dan niat tersebut, ternyata menunaikan ibadah haji memiliki keutamaan tersendiri. Apa saja keutamaan ibadah haji? Berikut daftarnya yang telah Kami rangkum dari berbagai sumber!

Mendapat Ganjaran Surga untuk Haji yang Mabrur

Banyak jalan yang menyebabkan seseorang mendapat ganjaran surga dari Allah SWT, salah satunya adalah dengan menunaikan ibadah haji. Dengan catatan, haji yang mabrur.

Loading...

Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah SAW:

“Hai semua manusia, Allah telah mewajibkan atasmu untuk haji, maka berhajilah kalian. Siapa yang berhaji karena Allah, lalu tidak berkata atau berbuat keji dan fasik, ia akan keluar dari semua dosa-dosanya bagaikan pada saat ia dilahirkan oleh ibunya. Dan, melakukan ibadah umrah hingga umrah tahun depan menjadi penebus dosa yang terjadi di antara kedua umrah itu. Sungguh, haji yang mabrur tidak ada balasannya kecuali surga.” (HR Bukhari dan Muslim).

Menjadi Tamu Allah SWT

Bila seseorang menjadi tamu Allah SWT, tentu orang tersebut akan dilimpahkan berbagai keberkahan dunia dan akhirat. Ternyata ibadah haji memiliki keutamaan yang sangat spesial ini, dengan menjawab panggilan Allah SWT. Hal itu berdasarkan hadist:

“Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji serta berumroh adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan. Oleh karena itu, jika mereka meminta kepada Allah pasti akan Allah beri.” (HR. Ibnu Majah no 2893)

Mendapat Pahala Seperti Berjihad

Keutamaan ibadah haji selanjutnya adalah balasan pahala yang begitu besar, sama seperti pahala orang yang berjihad. Itu karena menurut Allah SWT, menunaikan ibadah haji adalah jihad yang terbaik.

Loading...

Hal tersebut sesuai dengan sebuah riwayat hadist:

“Wahai Rasulullah, kami memandang bahwa jihad adalah amalan yang paling afdhol. ‘Apakah berarti kami harus berjihad?’ Tidak. ‘Jihad yang paling utama adalah haji mabrur’, jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (HR. Bukhari no. 1520)

Menunaikan Ibadah Haji Sebagai Penghapus Dosa

Siapa yang berhaji ke Kabah lalu tidak berkata-kata kotor dan tidak berbuat kefasikan maka dia pulang ke negerinya sebagaimana ketika dilahirkan oleh ibunya. (HR. Bukhari, No. 1521)

Dari hadist tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa salah satu keutamaan ibadah haji adalah akan terhapus segala dosanya, sebagaimana bayi yang baru lahir tanpa dosa. Dengan catatan, tidak berkata kotor dan tidak berbuat fasik.

Baca Juga:

Loading...

Surga Bagi yang Mengucapkan Talbiyah Selama Berhaji

Mengucapkan talbiyah saat melakukan ibadah haji, akan dijanjikan kebaikan, dan akan mendapat tempat di surga. Hal itu sebagaimana tertuang dalam sebuah hadist:

“Tidaklah seorang mengucapkan talbiyah atau mengucapkan takbir melainkan akan dijanjikan dengan kebaikan”. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya: “Wahai Rasulullah, apakah dijanjikan dengan surga?”, beliau menjawab: “Iya”. (HR. riwayat Ath Thabrany di dalam kitab Al Mu’jam Al Awsath dan dihasankan oleh Al Albani di dalam kitab Shahih At Targhib wa At Tarhib).

Itulah beberapa keutamaan ibadah haji bagi umat muslim. Jika Anda ingin melaksanakan ibadah haji, Anda bisa cek haji Furoda 2022 pada laman tersebut.