Home » Blog » Ikan Hias » Emperor Angelfish (Angel Batman): Panduan Pemeliharaan

Emperor Angelfish (Angel Batman): Panduan Pemeliharaan

Emperor angelfish angel batman

Emperor Angelfish (Angel Batman): Panduan Pemeliharaan – Emperor Angelfish merupakan ikan hias air laut cantik nan eksotis. Ikan ini juga kerap disebut “Angel batman” mungkin karena kemiripannya dengan action figure tersebut.

Memiliki nama ilmiah pomacanthus imperator, emperor angelfish ini berasal dari perairan tropis dekat Hawaii.

Sudah pasti karena kecantikannya, ikan ini sering menjadi penghuni tetap akuarium-akuarium air laut.

Mari kita bahas bagaimana cara memelihara emperor angelfish alias angel batman ini!

Ciri Fisik

Menariknya, penampilan emperor angelfish bisa berubah dari waktu ke waktu. Mereka diklasifikasikan menjadi tiga tahap: juvenile emperor angelfish, sub adult angelfish dan adult angelfish.

Secara umum ikan cantik ini akan menampilkan warna kuning cerah, biru tua, putih, hitam dan sedikit nila. Tentu saja, itu semua tergantung pada tahapan kehidupan mereka.

Juvenile: Warna-warnanya cebderung dingin dan memiliki garis vertikal dan pola bergelombang di tubuh dan wajah mereka. Warna dasarnya biru tua atau hitam dengan garis-garis biru muda dan putih. Ikan emperor angelfish juvenile juga akan memiliki bintik-bintik di punggung hingga sirip dubur.

Sub adult: Beranjak agak dewasa, Anda dapat melihat rona kuning mulai berkembang di sirip ekornya. Warna kuning ini perlahan akan merambat ke tubuh mereka untuk secara perlahan mengubahnya menjadi bentuk dewasa. Pita yang tadinya melengkung di tubuh mereka juga akan perlahan berubah dan membentuk garis-garis di seluruh tubuhnya.

Adult: Pomacanthus imperator dewasa akan memiliki garis-garis kuning dan biru di seluruh tubuhnya dengan sirip ekor berwarna kuning sepenuhnya. Ia juga akan memiliki wajah yang didominasi putih dengan pita biru tua atau hitam di matanya dan tanda biru tua lainnya.

Dari segi ukuran, Pomacanthus imperator bisa berukuran 38 cm di alam liar. Namun, seperti kebanyakan ikan lainnya, di akuarium mereka hanya tumbuh sekitar 30 cm saja.

Masa hidup ikan emperor angelfish bisa lebih dari 20 tahun di lautan, tetapi dengan pemeliharaan yang baik di akuarium, ikan ini mampu bertahan sekitar 15-18 tahun.

Cara Memelihara Ikan Emperor Angelfish

Angel batman ini merupakan jenis ikan hias yang pemeliharannya susah-susah gampang. Tingkat kesulitan pemeliharannya termasuk kategori menengah.

Secara karakter, ikan ini termasuk semi-agresif dan teritorial. Ia suka mengintimidasi ikan-ikan kecil, maupun ikan sejenis maupun angel lainnya.

Selain itu, meskipun terlihat sangat cocok dengan reef tank, tapi perlu diperhatikan bahwa emperor angelfish suka menggigiti karang. Bila dibiarkan, bisa merusak tatanan terumbu di akuarium.

Di lautan, ikan ini biasa berenang berkelompok, yang terdiri dari satu jantan dan beberapa betina. Jika ada jantan lain, biasanya mereka akan saling berkelahi.

Jika baru pertama kali memasukkannya ke akuarium, mungkin Anda akan melihat emperor angelfish malu-malu. Tetapi setelah akrab dengan lingkungannya, ikan ini akan mulai aktif dan bisa bertindak agresif.

Makanan Angel Batman

Salah satu alasan mengapa si angel batman bukanlah ikan yang mudah dipelihara, itu karena ia termasuk ikan yang pilih-pilih makanan.

Pada dasarnya, emeperor angelfish termasuk ikan omnivora, artinya ia bisa makan apa saja.

Saat pertama kali menghuni akuarium, biasanya ia tidak mau makan. Namun seiring waktu, ikan ini akan mulai makan apa saja yang Anda berikan.

Pastikan Anda memberi mereka makanan yang baik dan seimbang. yang terdiri dari sayuran dan daging-dagingan.

Beberapa makanan yang bisa Anda berikan seperti:

  • Alga
  • Pelet
  • Udang laut
  • Cumi-cumi
  • Kerang
  • Bayam
  • Hidroid
  • Krill
  • Mysis

Berapa kali emperor angelfish diberi makan?

Saat awal-awal, Anda bisa memberinya makan hingga 5 kali sehari, dengan tujuan membiasakan makan di rumah yang baru. Namun perlahan bisa Anda kurangi sampai 3 kali sehari.

Ingat, kasih makan sedikit-sedikit saja. Jika ada sisa pakan, jangan lupa bersihkan agar tidak mencemari air.

Kondisi Akuarium Ideal

Sebaiknya jika Anda ingin membeli ikan ini, cobalah beli yang masih juvenil. Karena, hal tersebut akan memberi mereka cukup waktu untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan akuarium, dan menyesuaikan diri dengan makanan yang Anda berikan.

Selain perubahan warna yang berbeda selama fase pendewasaan, mereka juga turut mengubah habitatnya.

Selama ikan masih anakan hingga remaja, mereka dapat ditemukan di bebatuan dekat terumbu. Saat lebih dewasa mereka akan bergerak lebih dekat ke terumbu. Ketika mencapai kedewasaan sepenuhnya, emperor angelfish akan mulai lebih ke arah karang.

Tentunya dengan mengenal fase kehidupannya di alam bebas, itu akan memberikan Anda gambaran tentang setup akuarium yang tepat untuknya.

Yang pasti, Anda perlu memasukkan banyak batuan di dalam akuarium.

Fitur lain yang dibutuhkan spesies ini adalah sinar matahari yang cukup. Agar ikan tetap sehat, letakkan akuarium di tempat yang cukup terang.

Dengan memberi cahaya yang baik, bukan cuma membantu mengurangi kemungkinan penyakit, tetapi juga akan meningkatkan kecerahan warnanya.

Nah, jika sulit mendapat cahaya matahari, maka Anda wajib menyediakan lampu akuarium dengan intensitas cahaya yang tinggi.

Anda bisa hidupkan lampu dari pagi sampai sore hari, seperti jadwal terbit hingga tenggelamnya matahari.

Jika Anda mempunyai reef tank, sebaiknya pikirkan ulang jika mau memasukkan ikan ini. Kebiasaannya yang suka menggigiti terumbu, tentu akan merusak reef tank Anda.

Walaupun di habitat alaminya ia selalu berdampingan dengan terumbu, tapi jangan samakan, Anda memeliharanya di akuarium yang potensi pertumbuhan terumbunya berjalan lambat!

Intinya, si angel batman ini cocok untuk dipelihara pada tipe akuarium FO (Fish Only) atau FOWLR (Fish Only With Live Rock).

Meskipun terlihat kuat, namun emperor angelfish bukan tipe ikan yang kuat terhadap perubahan parameter air. So, Anda mesti memiliki sistem filtrasi yang cukup baik.

Ukuran akuarium ideal untuk angel batman sekitar 180 cm x 45 cm x 50 cm. Atau yang berkapasitas 473 liter.

Jika ingin memelihara sepasang, maka Anda perlu menyediakan akuarium berkapasitas 680 liter.

emperor angelfish juvenile
Emperor angelfish juvenile

Parameter Air Angel Batman

Suhu akuarium paling baik dijaga pada 22-28 derajat Celcius, karena mereka lebih terbiasa dengan air yang lebih hangat. Tingkat pH pada 8,1-8,4, dan spesific gravity di 1,023-1,025.

Teman yang Cocok untuk Emperor Angelfish

Sebaiknya Anda hanya memelihara seekor emperor angelfish per akuarium. Namun kalau Anda memelihara sepasang, berikanlah space lebih banyak seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Dan lagi, jangan satukan jantan dengan jantan, mereka akan saling mengintimidasi. Kalau mau memelihara sepasang, belilah jantan dan betina, atau betina dengan betina.

Waspadalah terhadap ikan-ikan kecil, karena bisa dianggap makanan oleh angelfish ini.

Selain itu, si angel batman ini juga tidak cocok dengan ikan yang menyerupai warna atau bentuknya.

Beberapa teman akuarium yang cocok untuk pomacanthus imperator seperti:

Kesimpulan

Cara memelihara ikan emperor angelfish a.k.a angel batman ini memang tergolong menengah. Itu karena spesifikasi penunjang hidupnya, makanan yang pilih-pilih, serta kecocokannya dengan teman tank yang lain.

Sehingga, ikan hias air laut ini agak kurang cocok bagi pemula yang baru main akuarium laut.

Meskipun akan terlihat cantik jika berdampingan dengan terumbu, tapi hal itu tidak disarankan, karena angelfish ini bisa merusak reef tank Anda.

Dari segi harga, emperor angelfish juga bukan ikan yang murah, sehingga Anda perlu menjaganya baik-baik.

Mungkin itu saja sekilas tentang cara memelihara ikan emperor angelfish (angel batman). Silahkan pertimbangkan dahulu sebelum mulai memeliharanya!