Home » Blog » Umum » Contoh Gaya Kontak dan Nonkontak

Contoh Gaya Kontak dan Nonkontak

Contoh Gaya Kontak dan Nonkontak

Contoh Gaya Kontak dan Nonkontak – Gaya adalah tarikan atau dorongan pada suatu benda, sehingga benda tersebut dapat bergerak.

Gaya sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu gaya kontak dan gaya nonkontak.

Mari kita jabarkan satu per satu tentang contoh gaya kontak, serta gaya nonkontak

Gaya Kontak

Secara pengertian, gaya kontak adalah dorongan atau tarikan yang berhubungan langsung dengan benda, misalnya gaya otot, gaya gesek dan gaya pegas.

1. Gaya Otot

Manusia menggunakan gaya otot untuk mendorong kendaraan, berolahraga atau mengambil air dari sumur. Manusia juga menggunakan gaya otot hewan untuk melakukan pekerjaan. Contohnya, manusia menggunakan gaya otot kerbau, sapi, atau kuda untuk menarik gerobak yang berat.

2. Gaya Gesek

Gaya gesek adalah gaya yang timbul akibat pergerakan benda-benda yang bersentuhan dengan arah berlawanan. Oleh karena itu, gaya gesek selalu menghambat gerak benda.

Contoh gaya gesek adalah rem yang dapat menghentikan laju sepeda.

3. Gaya Pegas

Gaya pegas adalah gaya yang ditimbulkan atau dihasilkan oleh pegas atau benda lentur yang mengalami pemampatan maupun peregangan.

Benda-benda yang memiliki gaya pegas, contohnya seperti per, busur panah, dan karet.

Gaya Nonkontak

Gaya nonkontak adalah dorongan atau tarikan yang tidak memerlukan kontak langsung antara dua benda, contohnya gaya magnet, gaya gravitasi bumi, dan gaya listrik.

1. Gaya Magnet

Gaya magnet adalah gaya yang dapat menarik benda-benda yang terbuat dari logam. Benda yang dapat ditarik magnet disebut benda magnetik.

Benda yang tidak dapat ditarik magnet disebut benda nonmagnetik (diamagnetik).

2. Gaya Gravitasi

Gaya gravitasi adalah gaya yang menarik semua benda menuju ke bumi. Gaya gravitasi dapat dipelajari pada benda yang mengalami gerak jatuh.

Contoh gaya gravitasi terjadi ketika sebuah bola dilempar ke atas, bola tersehut jatuh ke bawah. Buah-buahan dari pohon selalu jatuh ke bawah.

3. Gaya Listrik

Gaya Iistrik adalah tarikan atau dorongan yang ditimbulkan oleh benda-benda yang bermuatan listrik.

Ada dua jenis muatan listrik, yaitu muatan listrik positif dan muatan listrik negatif.

Misalnya, balon yang digosok-gosokkan ke kain dapat mengandung gaya listrik sehingga dapat menarik potongan-potongan kecil kertas.

Itulah contoh gaya kontak dan nonkontak, serta jenis-jenisnya.

Baca Juga: