Home » Blog » World's Topic » 10 Contoh Fenomena Alam yang Unik di Dunia

10 Contoh Fenomena Alam yang Unik di Dunia

10 Contoh Fenomena Alam yang Unik di Dunia – Selain tempat-tempat menakjubkan, ternyata Bumi juga punya beberapa contoh fenomena alam yang unik di dunia. Simak ulasan berikut ini!

Alam memang selalu membuat kita takjub dengan keindahannya. Jika terjaga dengan baik, tentu alam akan menawarkan pesonanya untuk manusia.

Sebaliknya, kalau manusia itu merusaknya, maka alam pun akan merusak balik! Cukup adil bukan?

Namun kita tidak akan membicarakan timbal balik tersebut, tetapi ingin membahas contoh fenomena alam unik, yang membuat mata kita terbuai karena keindahannya.

Mulai dari tempat yang terjadi secara alami, fenomena alam menakjubkan yang langka dan intervensi makhluk hidup. Apa saja contoh fenomena alam unik dan menakjubkan yang ada di dunia? Berikut listnya!

1. Moonbow

Moonbow contoh fenomena alam unik

Pelangi merupakan salah satu contoh fenomena alam menakjubkan yang terihat menarik. Bagaimana tidak, warna-warninya membuat siapapun yang memandang akan terpesona.

Tapi apa Anda pernah lihat pelangi di malam hari?

Fenomena alam unik yang langka ini terjadi karena pantulan sinar bulan, bukan sinar matahari, yang kemudian menghasilkan pelangi di malam hari, atau terkenal dengan sebutan “Moonbow”.

Jika ingin melihat pemandangan menakjubkan ini, Anda dapat terbang ke Afrika, tepatnya menuju Air Terjun Victoria, Zimbabwe.

Selain itu, Taman Nasional Yosemite yang terletak di California, AS, pun menghadirkan pemandangan Moonbow ini.

Namun, beberapa waktu lalu fenomena Moonbow ini pun terjadi di Inggris.

2. Salar de Uyuni

Salar-de-Uyuni

Bagi mereka yang selalu ingin menyentuh langit tetapi takut ketinggian, Anda bisa mendatangi Salar de Uyuni yang terletak di Bolivia.

Sebenarnya, Anda tidak menyentuhnya secara langsung, namun pantulan awan yang ada di langit, berada tepat di bawah kaki Anda sendiri.

Salar de Uyuni, merupakan dataran garam seluas lebih dari 4.000 kilometer persegi yang membuat efek pantulan, mirip cermin.

Namun, contoh fenomena alam unik ini berlangsung hanya saat banjir musiman terjadi. Selebihnya, tempat ini hanyalah hamparan gurun putih yang berkilauan.

Awalnya, Salar de Uyuni adalah danau purba besar yang mengering. Lalu menyisakan dua danau yang masih ada sampai sekarang, danau Poopo dan Uru. Sementara sisanya menjadi ladang garam Salar de Uyuni ini.

3. Sea of Stars

Sea-of-Stars

Pemandangan spektakuler selanjutnya berasal dari laut. Ya, laut yang bersinar!

Pemandangan menakjubkan “Sea of Stars” di Pulau Vaadhoo, Maladewa, membuat tempat ini menjadi destinasi yang romantis untuk para pasangan.

Bagaimana tidak, di malam hari, lautan ini akan menampakkan cahaya terang bioluminescent dari dalam laut. Seperti bintang yang bersinar dari dalam laut.

Hal ini terjadi karena banyaknya fitoplankton penghasil cahaya yang berkerumun dalam satu area, sehingga menimbulkan efek cahaya berkilauan.

Fenomena alam menakjubkan ini dapat terlihat pada bulan Juli sampai Februari, meski hal itu tak dapat menjadi patokan.

4. Goa Es Mendenhall

Goa Es Mendenhall

Goa Es Mendenhall yang juga menjadi salah satu contoh fenomena alam unik ini terletak di negara bagian Alaska, AS. Gletser Mendenhall raksasa ini mengandung gua-gua es yang luar biasa, tidak seperti yang lainnya.

Rona kebiruan, aliran sungai yang jernih, dan arsitektur alami yang tidak simetris, memberikan nuansa dunia lain pada lokasi ini.

Plus, sentuhan kabut asap yang mengapung di atas lantai gua, membuat tempat ini begitu sempurna.

Sayangnya, kumpulan gua yang unik ini mencair karena pemanasan global, membuka lanskap baru, dan melepaskan pohon-pohon kuno yang terjebak dalam es.

5. Danau Hillier

Danau Hillier contoh fenomena alam

Sekilas, danau ini terlihat seperti hamparan susu stroberi, karena memang warnanya seperti itu!

Yang membuatnya menjadi fenomena alam menakjubkan, yaitu pemandangan sekelilingnya.

Anda bisa lihat, hamparan merah muda, dikelilingi hutan yang berwarna hijau gelap, membuat danau Hillier terlihat sangat kontras dan begitu menarik.

Dan lagi, laut biru yang mengepungnya, membuat danau Hiller terlihat begitu sempurna kecantikannya.

Penyebab warna merah muda di Danau Hillier, Australia, belum dapat jawaban pasti.

Namun beberapa peneliti berasumsi bahwa reaksi antara garam alaminya, natrium bikarbonat, dan bakteri halofilik merah yang berperan atas warna pink tersebut.

Baca Juga: 10 Bangunan Unik di Dunia dengan Struktur Mengesankan

6. Kolam yang Bersinar

Kolam-Bersinar

Kolam ajaib yang memiliki kedalaman 40 meter ini, terletak di Taman Nasional Chapada Diamantina Brasil.

Yang membuatnya berbeda, ialah kejernihan airnya. Bahkan siapapun dapat melihat dasar sumur alami ini dengan mudah!

Antara bulan April dan September, sinar matahari merambat masuk ke dalam gua dan menerangi kolam yang memikat ini.

Hal tersebut menawarkan pemandangan spektakuler bagi pengunjung, dengan menampilkan efek air biru yang bersinar.

7. Pilar Cahaya

contoh fenomena alam Pilar Cahaya

Fenomena optik bercahaya ini dapat terlihat di banyak negara yang bersuhu dingin, seperti Rusia, Kanada, dan Finlandia. Namun belakangan terjadi juga di Filipina, yang notabene negara tropis.

Cahaya tinggi yang tampak menembus langit ini, terbentuk ketika ada pantulan cahaya dari matahari dan bulan membentuk berbagai kristal es kecil yang melayang di udara.

Terkadang keindahannya juga terbantu karena cahaya lampu kota.

Baca Juga: 10 Formasi Geologi Terunik dan Terindah di Dunia

8. Aurora

Aurora Borealis contoh fenomena alam

Jika melihat aurora, maka Anda seperti berada pada galaksi lain, dengan sinar berwarna-warni yang melukis langit.

Sayangnya, contoh fenomena alam yang indah ini tidak dapat terlihat di Indonesia.

Terdapat dua lokasi aurora berbeda di dunia ini, satu di belahan Bumi utara (Aurora Borealis) dan satu lagi di Selatan (Aurora Australis).

Keduanya merupakan pemandangan indah yang selalu menarik untuk objek foto.

Contoh fenomena alam unik ini terjadi karena elektron bermuatan tinggi dari angin matahari bertabrakan dengan atmosfer bumi.

Angin surya mengalir sepanjang garis gaya magnet yang dihasilkan oleh inti bumi, memantulkan atom oksigen dan nitrogen saat mencapai atmosfer atasnya.

Warna yang tercipta, seperti hijau, merah, biru, atau ungu, bergantung pada atom mana yang dilalui angin dan ketinggian tempat mereka bertemu.

Gaya magnet dan listrik bereaksi satu sama lain dalam kombinasi yang bergeser, membuatnya terlihat seperti tirai panjang berwarna yang menari-nari di langit.

Baca Juga: 7 Kota Terhijau di Dunia yang Ramah Lingkungan

9. Petir Vulkanik

Petir Vulkanik

Petir menyambar gunung berapi Sakurajima, Jepang, saat memuntahkan lahar panas. Menciptakan pemandangan yang sangat indah, sekaligus terlihat mengerikan.

Tidak ada yang tahu persis bagaimana petir vulkanik terjadi, tetapi para ilmuwan berpendapat bahwa pemisahan muatan bertanggung jawab atas fenomena ini.

Saat magma berapi, abu, dan batu berbenturan dengan udara yang lebih dingin, partikel bermuatan berlawanan terpisah satu sama lain. Bentuk petir untuk menyeimbangkan distribusi muatan.

10. Mata Sahara

Mata Sahara

Contoh fenomena alam keren ini terjadi di Mauritania, yang dikenal secara resmi dengan sebutan “Richtat structure”.

Para ilmuwan masih mencoba untuk memastikan bagaimana fenomena ini terbentuk, tetapi mereka mengira itu adalah sisa-sisa kubah batu raksasa yang terkikis.

Jika demikian, maka tempat ini terbentuk ketika magma mendorong ke permukaan bumi dan menciptakan tonjolan, seperti jerawat.

Uniknya, setiap pita cincin terbuat dari jenis batuan berbeda yang terkikis dengan kecepatan berbeda pula.

Mata Sahara ini pun sebagai pertanda “hampir sampai” bagi para astronot yang mendarat di Florida.

Jika melintas secara horizontal, maka fenomena alam ini tak akan terlihat, namun berkat foto dari langit, keindahannya menjadi terekspos jelas.

Kalau ingin melihatnya langsung, Anda coba buka Google Earth Struktur Richat. Atau klik langsung link tersebut.

Baca Juga: 5 Gunung Tertinggi di Dunia yang Menjadi Destinasi Favorit Pendaki

Itulah 10 contoh fenomena alam yang unik di dunia. Semoga menambah wawasan Anda!