Home » Blog » Sosial » 5 Ciri-ciri Kecanduan Media Sosial yang Tidak Disadari

5 Ciri-ciri Kecanduan Media Sosial yang Tidak Disadari

Loading...
ciri ciri kecanduan media sosial

Penggunaan media sosial saat ini semakin meningkat. Dengan tingginya kebutuhan masyarakat akan internet, maka media sosial juga segaris lurus. Sayangnya, banyak yang sampai pada tahap kecanduan, so, Kamu perlu kenali ciri-cirinya!

Banyak manfaat yang bisa diambil dari berselancar di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain. Misalnya bisa berkomunikasi dengan orang jauh dengan mudah, menambah teman, dan mengetahui informasi terbaru.

Meskipun begitu, jika Kamu tidak bisa menyikapinya dengan bijak, maka media sosial justru akan berdampak buruk bagi Kamu, yaitu efek kecanduan!

Tidak sedikit orang-orang yang tak bisa dipisahkan dengan kehidupan di media sosialnya. Jika masih batas wajar tidak masalah. Namun, bagaimana jika sudah kelewat batas? Tentu sangat meresahkan.

Untuk itu, tidak ada salahnya mengetahui tanda-tanda apa saja kalau kecanduan media sosial. Berikut ciri-ciri kecanduan media sosial!

Loading...

1. Langsung cek notifikasi walaupun baru bangun tidur

Ciri-ciri kecanduan media sosial yang pertama, yaitu langsung cek smartphone saat mata melek.

Notifikasi apapun yang muncul sangat terasa penting. Bahkan bisa juga tidurnya itu tidak tenang karena menunggu notifikasi.

Padahal, notifikasi itu terkesan tidak penting atau biasa saja. Tapi jika sudah kecanduan, apapun notifikasinya tetap akan selalu ditunggu dan terasa penting.

Makanya, ketika bangun tidur pun mereka tidak mau ketinggalan dengan notifikasi terbaru.

2. Selalu buka media sosial walau tidak perlu

Kapanpun dan apapun kondisinya, gadget selalu ada di genggaman. Yups, itulah salah satu ciri-ciri seseorang sudah kecanduan gadget.

Loading...

Lain ceritanya jika kerjaan atau aktivitasnya berhubungan dengan gadget lho ya!

Padahal, saat membuka medsos si pecandu hanya scroll-scroll saja tanpa melakukan posting atau baca pemberitahuan yang masuk.

3. Wajib posting setiap hari

Orang yang kecanduan media sosial akan selalu posting apapun, seperti update status, foto, video, dan lainnya.

Apalagi, postingan tersebut adalah aktivitas kesehariannya yang sebenarnya menurut orang lain tidak penting.

Namun, bagi yang sudah kecanduan, dunia wajib tahu apa yang sedang dikerjakannya!

Loading...

Hmm… Kamu begitu gak ya?

4. Jumlah follower dan like sangat mempengaruhi mood

Orang yang kecanduan media sosial akan selalu memperhatikan jumlah follower dan like-nya. Setiap habis posting, dia akan terus memantau perkembangan follower dan like.

Bahkan, berapa banyak like dan love instagram pun menjadi penentu mood pada hari itu!

Siapa sih yang tidak suka video, foto atau hasil karyanya disukai oleh orang lain? Tapi kalau sampai mempengaruhi mood secara drastis, bisa jadi itu ciri-ciri orang yang kecanduan media sosial.

Baca Juga:

Loading...

5. Tak bisa hidup tanpa gadget

Jika harus memilih, apa yang sebaiknya ketinggalan, dompet atau gadget?

Kalau jawaban Kamu adalah gadget, berarti fix Kamu sudah kecanduan! Tapi lain cerita ya kalau gadget sanat berpengaruh buat urusan kerjaan Kamu.

Well, itulah ciri-ciri orang yang sudah kecanduan media sosial. Semoga kita lebih bijak lagi dalam bermedsos, termasuk bijak dalam mengatur waktu penggunaannya!