Home » Blog » Flora dan Fauna » 6 Bunga Terkecil di Dunia, Ada yang Ukurannya Tidak Sampai 1 cm!

6 Bunga Terkecil di Dunia, Ada yang Ukurannya Tidak Sampai 1 cm!

6 Bunga Terkecil di Dunia, Ada yang Ukurannya Tidak Sampai 1 cm! – Dunia ini kaya dengan flora dan faunanya, termasuk yang unik-unik dan jarang kita temui. Salah satunya adalah bunga terkecil di dunia.

Kenapa banyak orang yang suka bunga? Meski sebagian ada juga yang alergi.

Ada fakta sederhana bahwa setiap orang menyukai hal-hal yang menyenangkan mereka, termasuk melihat keindahan bunga serta mencium aromanya yang memikat.

Well, langsung saja, inilah daftar bunga terkecil di dunia. Check it out!

Thymus vulgaris

Thymus vulgaris

Thymus vulgaris adalah tumbuhan berbunga berbasis kayu dari famili Lamiaceae, umumnya dikenal sebagai Thyme.

Tanaman ini berasal dari Eropa Selatan dan memiliki persebaran di seluruh dunia.

Bunga ini tumbuh subur pada daerah yang terkena sinar matahari, serta pada tanah yang kering. Flora ini cukup tahan terhadap embun beku dan kekeringan.

Biasanya. orang membudidayakan Thyme sebagai rempah-rempah dan tanaman hias.

Saat awal-awal musim panas, bunga kecil akan mekar dengan warna putih, merah jambu atau ungu yang tumbuh berkelompok pada ujung cabang.

Dengan ukuran bunga yang relatif kecil, tumbuhan ini pun hanya tumbuh selitar 15 sampai 30 cm saja.

Alfalfa

Alfalfa

Alfalfa adalah tanaman berbunga yang juga disebut Lucerne. Tanaman ini termasuk dalam keluarga kacang-kacangan Fabaceae.

Secara tampilan, bunganya sendiri cukup cantik, dengan warna ungu yang menempati tiap ujung batang.

Sumber nektar yang kaya pada bunga tanaman ini menarik berbagai serangga, termasuk lebah yang menjadi penyerbuk utama Alfalfa. Lebah memanfaatkan tanaman ini sebagai sumber makanan dan tempat berteduh.

Orang-orang kebanyakan memanfaatkan Alfalfa sebagai makanan hewan. Tanaman ini banyak ditanam untuk jerami, pupuk hijau, padang rumput, silase, dan tanaman penutup.

Black swallow-wort

Black-swallow-wort

Black swallow-wort adalah herba abadi dalam keluarga Apocynaceae, asli Eropa. Panjangnya mencapai satu sampai dua meter.

Bunganya berbentuk bintang yang memiliki lima kelopak dengan bulu putih. Warnanya bisa bervariasi, mulai dari ungu tua hingga hitam.

Untuk ukuran bunga, Black swallow-wort memiliki lebar tidak samapi 1 cm. Pemekaran terjadi sepanjang bulan Juni hingga Juli.

Black medick

Black medick bunga terkecil di dunia

Black medick termasuk dalam anggota keluarga legum atau semanggi, yang hidup hampir di seluruh dunia.

Tinggi tanaman dewasa mulai dari 15 sampai 80 cm. Tanaman ini subur pada daerah yang tersinari matahari penuh, dan akan mekar pada April hingga September.

Kita bisa menemukan black medick di tanah yang padat, pinggir jalan, ladang, halaman rumput, area sampah. Nodul di akar juga menampung bakteri pengikat nitrogen.

Baca Juga: Mengenal Bagian-bagian Tumbuhan dan Fungsinya

Bladderwort

Bladderwort Bunga Terkecil di dunia

Bladderwort adalah tumbuhan air karnivora yang termasuk dalam famili Lentibulariaceae. Bisa tumbuh hingga ukuran lebar 2 mm hingga 10 cm. Spesies Bladderwort adalah tumbuhan yang bisa hidup di darat serta di air.

Kita bisa menemukan bunga terkecil ini di semua benua kecuali Antartika. Mereka banyak tumbuh di danau, sungai, dan di daerah berair.

Banyak orang yang menanam bunga ini untuk keperluan hiasan, seperti pada akuaium, pot, maupun terarium.

Meskipun Bladderwort tidak bisa menjadi sumber makanan bagi hewan air, namun ia dapat menjadi tempat berlindung, serta menjadi tempat bertelur hewan air.

Baca Juga:

Wolffia globosa

Wolffia globosa bunga terkecil di dunia

Terakhir, bunga terkecil di dunia ditempati oleh Wolffia globosa atau yang dikenal juga dengan Water-meal.

Wolffia globosa adalah tanaman duckweed dari keluarga Lemnaceae. Tanaman itu sendiri rata-rata panjangnya hanya satu milimeter.

Persebaran bunga ini mulai dari Asia, serta beberapa negara di Amerika.

Jika dilihat sekilas, tanaman ini hampir seperti lumut yang mengambang. Masing-masing bunga kecil ini berisi satu benang sari dan satu putik. Tanaman yang mengapung di permukaan ini tumbuh di permukaan kolam, sungai, danau, dan rawa.

Meskipun kecil, namun Wolffia dapat menjadi sumber makanan bagi beberapa jenis ikan dan juga hewan-hewan yang tinggal di sekitarnya, seperti bebek dan burung air.

Nah, itu tadi deretan bunga terkecil di dunia. Semoga bisa menambah pengetahuan Sahabat Sola yess!