Lompat ke konten
Home » Blog » Flora dan Fauna » Apakah Dinosaurus Itu Nyata? Ini Jawabannya!

Apakah Dinosaurus Itu Nyata? Ini Jawabannya!

Apakah Dinosaurus Itu Nyata

Apakah Dinosaurus Itu Nyata? Ini Jawabannya! – Apa itu dinosaurus? Dinosaurus adalah sekelompok reptil yang menguasai daratan selama lebih dari 140 juta tahun. Bahkan lebih dari 160 juta tahun di beberapa bagian dunia.

Mereka berkembang menjadi beragam bentuk dan ukuran, dari Spinosaurus yang merupakan dinosaurus besar dengan penampilan mengerikan, sampai Microraptor yang hanya sebesar ayam. Mereka pun mampu bertahan dalam berbagai ekosistem.

Salah satu alasan kenapa dinosaurus berhasil menguasai Bumi adalah karena mereka memiliki kaki belakang yang lurus, tegak lurus dengan tubuh mereka.

Hal tersebut memungkinkan hewan purba ini menggunakan lebih sedikit energi untuk bergerak daripada reptil lain yang memiliki postur tubuh seperti kadal dan buaya di masa kini.

Dengan posisi kaki yang berada di bawah tubuh, maka beban tubuh dinosaurus juga lebih tertopang. Tidak seperti hewan yang kakinya menjulur ke samping.

Banyak spesies dinosaurus punah sekitar 66 juta tahun yang lalu, tetapi sebenarnya ada sekelompok hewan prasejarah yang masih hidup masih bersama kita sampai sekarang, yaitu burung.

Reptil Prasejarah Lainnya

Dinosaurus merupakan archosaurs, kelompok reptilia lebih besar yang pertama kali muncul sekitar 251 juta tahun yang lalu, berdekatan dengan permulaan Zaman Trias.

Beberapa reptil non-dinosaurus lainnya juga merupakan archosaurus, termasuk pterosaurus (reptil terbang yang sekarang sudah punah) dan buaya modern serta nenek moyang mereka.

Jenis reptilia purba tersebut dan lainnya sering kali keliru disebut dinosaurus.

Reptil laut, seperti ichthyosaurus, plesiosaurus, dan mosasaurus bukanlah dinosaurus. Termasuk dimetrodon atau reptil lain dalam kelompok yang sama (sebelumnya disebut ‘reptil mirip mamalia’ dan sekarang disebut sinapsida).

Tak satu pun dari kelompok punah lainnya itu memiliki ciri khas sikap tegak seperti dinosaurus.

Dimetrodon
Terlepas dari penampilan prasejarahnya, Dimetrodon bukanlah dinosaurus. Mereka adalah jenis reptil yang sudah punah dan hidup lebih lama dari dinosaurus.

Ciri-ciri Menonjol yang Dimiliki Dinosaurus

  • Mereka memiliki sikap tegak, dengan kaki tegak lurus dengan tubuh mereka. Ini adalah ciri utama yang membedakan dinosaurus dari reptilia lainnya.
  • Seperti reptil lainnya, hewan purba ini juga bertelur.
  • Dinosaurus hidup di darat, kecuali beberapa jenis burung seperti penguin.
  • Tengkorakny memiliki lubang di antara rongga mata dan lubang hidung. Fitur tersebut juga dimiliki oleh semua archosaurs.
  • Dinosaurus memiliki dua lubang di belakang rongga mata. Otot rahang yang besar dan kuat melewati lubang untuk menempel langsung ke bagian atas tengkorak. Hasilnya, rahang bisa terbuka lebar dan menjepit dengan lebih kuat.

Baca Juga:

Apakah Dinosaurus Itu Nyata?

Ini merupakan pertanyaan umum yang banyak spekulasinya. Namun apakah dinosaurus itu nyata? Jawaban singkatnya adalah “Ya, mereka nyata” dan mereka pernah eksis di bumi. Itu dibuktikan dengan banyaknya fosil-fosil yang ditemukan.

Banyak yang meragukan bahwa dinosaurus pernah hidup di muka bumi. Namun dengan banyaknya fosil-fosil penemuan yang tersebar di berbagai penjuru dunia, para ilmuwan masih meyakini bahwa dinosaurus itu ada (nyata) dan pernah merajai bumi.

Namun sebab kepunahan dinosaurus masih menjadi perdebatan. Sebuah teori yang paling populer mengemukakan bahwa kepunahannya disebabkan oleh meteor besar yang menghantam bumi.

Itulah jawaban dari pertanyaan yang kerap muncul “Apakah dinosaurus itu nyata.” Kalau menurut kalian, apa dinosaurus itu benar-benar ada?