Home » Blog » Sosial » 6 Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh Agar Tetap Awet

6 Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh Agar Tetap Awet

Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh

Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh Agar Tetap Awet – Bukan rahasia lagi, bahwa menjalani hubungan jarak jauh (long distance relationship) itu rentan dengan yang namanya keretakan maupun pertengkaran.

Penyebabnya bisa karena perselingkuhan, komunikasi yang buruk, maupun jarangnya kontak fisik secara langsung.

Apapun penyebabnya, nyatanya banyak juga pasangan yang berhasil mempertahankan pacaran jarak jauh, bahkan sampai pada tahap pernikahan.

Jika menjalani hubungan yang terpaut jarak ini mudah, tentu saja tidak, tapi Kamu tetap bisa mempertahankan atau menyiasati dengan berbagai macam cara.

Nah, kalau kalian sedang menjalani hubungan jarak jauh alias LDR ini, biar awet, cobalah terapkan beberapa cara menjaga hubungan jarak jauh berikut!

1. Kepercayaan adalah Kunci Utama

Hubungan apapun yang memiliki dasar kepercayaan, pasti akan langgeng, termasuk hubungan jarak jauh ini.

Jangankan LDR, hubungan jarak dekat pun jika sudah saling gak percaya, percuma aja. Yang ada curiga terus-terusan dan su’udzon tanpa henti.

Percaya deh, curiga terus-menerus atas sesuatu yang belum tentu terjadi itu capek, buang-buang energi dan bakal nyusahin Kamu sendiri!

Oleh karena itu, Kamu dan pasangan harus memiliki rasa percaya satu sama lain yang tinggi. Kalau Kamu gak percaya sama pasanganmu, buat apa menjalani hubungan?

Sebaiknya komitmen untuk saling percaya ini sudah Kamu bangun sejak awal berhubungan. Jadi Kamu dan pasangan punya pegangan yang kuat dalam menjalani hubungan.

Baca Juga: Ciri-ciri Pasangan Setia

2. Komitmen Kuat dari Awal

Selanjutnya, Kamu harus membuat komitmen yang kuat tentang pacaran jarak jauh ini. Bicaralah dengan pasangan tentang komitmen apa saja yang ingin Kamu berdua lakukan untuk mempertahankan hubungan LDR ini.

Jika kepercayaan adalah pondasi dalam suatu hubungan, maka komitmen itu bagaikan semen perekat yang dapat memperkokoh pondasi tersebut.

Sama seperti rasa percaya, kedua belah pihak harus membuat komitmen sejak awal menjalin hubungan. Semua itu bertujuan agar hubungan menjadi jelas, mempunyai arah dan tujuan.

Contoh komitmen dalam hubungan jarak jauh yang bisa Kamu terapkan dengan pasangan seperti, tidak saling mengganggu pekerjaan, mengutamakan keluarga, serta terbuka dalam segala hal.

3. Komunikasi yang Baik

Jarang komunikasi merupakan salah satu penyebab pacaran jarak jauh jadi cepat renggang.

Menjalin komunikasi yang baik itu bukan berarti harus selalu berkabar setiap saat. Tetapi, saat Kamu sedang menghubungi pasangan, gunakanlah kata-kata yang baik dan tidak menyakiti pasangan.

Kamu juga harus mengetahui kapan timing-timing yang tepat untuk menghubungi pasangan. Jangan sampai Kamu menghubunginya saat sedang sibuk. Mungkin pesan singkat dapat menjadi solusi untuk berkomunikasi dengannya.

Komunikasi itu penting, tapi kesalahan yang sering terjadi dalam menjalani hubungan jarak jauh bisa juga karena komunikasi ini. Di mana Kamu selalu menghubunginya setiap waktu dan setiap momen.

Pada saat itulah, hubungan lama-lama mulai terasa membosankan.

Kamu harus ingat, pasanganmu juga punya kehidupan lain selain hanya berhubungan denganmu. Berikanlah ia ruang untuk bergerak tanpa harus Kamu pantau terus-menerus.

4. Kejujuran itu Penting

Yups, kejujuran itu penting dalam segala aspek kehidupan, termasuk dalam membina hubungan. Apa artinya suatu hubungan jika selalu ada kebohongan.

Untuk hal ini, Kamu harus punya komitmen kuat dengan pasangan untuk selalu jujur dalam segala hal. Kamu harus berpikir bahwa kejujuran itu penting demi terciptanya sebuah hubungan yang sehat.

Lagipula, bukankah kita sebagai manusia harus senantiasa berkata jujur?

5. Fokus pada Kesibukan Masing-masing

Salah satu cara untuk mempertahankan pacaran jarak jauh ialah berfokus pada kesibukan masing-masing.

Berhubung lagi LDR, Kamu tidak bisa setiap hari bertemu dengan pasangan karena kendala jarak. Hanya pada waktu-waktu tertentu saja Kamu dapat bertemu dengannya.

Saat menunggu hari pertemuan yang sudah lama Kamu nanti, ada baiknya Kamu juga fokus pada kesibukan sendiri. Begitu pun dengan pasangan, anjurkan ia juga tetap fokus pada kesibukannya sendiri.

Kesibukan akan membuat waktu begitu cepat berlalu, sehingga tak terasa Kamu sudah sampai pada waktu pertemuan.

6. Mengerti, baru Dimengerti

Cara menjaga hubungan jarak jauh terakhir, mengerti, baru dimengerti!

Pengertian itu harus agar hubungan Kamu awet. Terlebih LDR membutuhkan pengertian yang super tinggi, ketimbang dengan hubungan biasa.

Maklum saja, terkadang jarak membuat orang menjadi halu dan berpikir yang enggak-enggak.

Semua orang inginnya dimengerti, wajar! Tapi apakah sadar bahwa kalau ingin itu terjadi, maka kita harus mengerti pasangan terlebih dahulu?

Tidak perlu egois untuk selalu dimengerti lebih dulu. Turunkan ego, dan mualailah mengerti pasanganmu. Seperti pengertian terhadap waktunya, keadaannya, hubungannya dengan yang lain, maupun kesibukannya.

Baca Juga: Alasan Kamu Masih Jomblo

Itulah beberapa cara menjaga hubungan jarak jauh alias LDR, biar selalu awet dan jauh dari pertengkaran. Semoga menginspirasi Kamu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *