Home » Blog » Umum » Perbedaan Bahan Mentah dan Bahan Baku, serta Pengertiannya

Perbedaan Bahan Mentah dan Bahan Baku, serta Pengertiannya

Perbedaan Bahan Mentah dan Bahan Baku, serta Pengertiannya – Jika Kamu perhatikan barang-barang yang ada di sekitarmu, itu semua tidak langsung menjadi barang yang siap pakai, perlu pemrosesan lebih lanjut agar bisa berdaya guna.

Nah, pada proses pembuatan suatu barang, memerlukan bahan material. Material dasar ini biasa disebut bahan baku atau bahan mentah.

Tidak cuma untuk pembuatan barang-barang saja, tetapi makanan yang Kamu santap pun perlu melalui proses tertentu sehingga bisa untuk dikonsumsi. Misalnya, sayur bayam perlu dimasak terlebih dahulu agar bisa dimakan.

Tetapi, jika Kamu konsumsi suatu makanan tanpa proses pengolahan pun bisa saja, seperti buah, tidak perlu diolah untuk dimakan. Namun, bisa juga melalui proses tertentu untuk mendapatkan bentuk lain dan rasa yang lebih kaya.

Selain itu, suatu barang perlu melaui proses sedemikian rupa agar nilai ekonomisnya bertambah. Misalnya, besi jika hanya dijual dalam wujud besi, tentu harganya tidak akan semahal besi yang telah dibentuk menjadi pagar rumah.

Perbedaan Barang Mentah dan Bahan Baku

Jika sebelumnya disebutkan ada bahan mentah dan bahan baku. Apa perbedaan bahan mentah dan bahan baku? Dan apa pengertian antara keduanya? Simak penjelasan berikut!

1. Bahan Mentah

Pengertian bahan mentah adalah bahan yang diolah dalam suatu proses produksi sehingga berubah bentuk dan wujudnya dari bentuk aslinya.

Contohnya seperti gandum yang merupakan biji dari tumbuhan merupakan bahan mentah dalam pembuatan roti. Sebelum menjadi roti, gandum diubah terlebih dahulu menjadi tepung terigu.

Gandum bahan mentah
Gandum merupakan contoh bahan mentah

Baca Juga: Pengertian Kegiatan Produksi, Distribusi dan Konsumsi Beserta Contohnya

2. Bahan Baku

Pengertian bahan baku merupakan bahan mentah yang menjadi dasar pembuatan suatu produk, di mana bahan tersebut dapat diolah melalui proses tertentu untuk diijadikan bentuk yang lain.

Misalnya, telur, margarin, dan tepung merupakan bahan baku pembuatan roti.

Bahan baku ada dua macam, yaitu bahan baku langsung dan bahan baku tidak langsung.

  • Bahan baku langsung adalah bahan baku yang menjadi bagian barang yang dihasilkan.
  • Sedangkan bahan baku tidak langsung adalah bahan baku yang ikut berperan dalam proses roduksi, tetapi tidak secara langsung tampak menjadi barang jadi yang dihasilkan.

Contohnya, apabila barang jadi yang dihasilkan adalah meja dan kursi, maka yang termasuk bahan baku langsung adalah kayu, sedangkan bahan baku tidak langsung adalah paku dan cat.

Nah, sekarang Kamu sudah tahu apa perbedaan bahan mentah dan bahan baku, serta pengertian keduanya. Semoga menambah wawasan Kamu!

Baca Juga: Pengertian Frekuensi, Amplitudo dan Resonansi