Home » Blog » Umum » Kegiatan Perekonomian yang Memanfaatkan Sumber Daya Hewan

Kegiatan Perekonomian yang Memanfaatkan Sumber Daya Hewan

Kegiatan Perekonomian yang Memanfaatkan Sumber Daya Hewan

Kegiatan Perekonomian yang Memanfaatkan Sumber Daya HewanManusia dapat memanfaatkan hewan untuk berbagai hal, misalnya sebagai sumber makanan atau menjadikannya hewan peliharaan.

Manusia mengelompokkan hewan menjadi beberapa kelompok, antara lain hewan liar dan hewan peliharaan.

Hewan Iiar adalah hewan yang hidup di alam secara bebas. Hewan tersebut tumbuh, mencari makan, dan berkembang biak tanpa bantuan manusia secara langsung.

Sebaliknya, hewan peliharaan adalah hewan yang hidup dalam lingkungan tertentu, tidak bebas, serta tumbuh, mencari makan, dan berkembang biak dengan bantuan manusia baik secara langsung maupun tidak Iangsung. Hewan peliharaan dipelihara oleh manusia.

Manusia memelihara hewan untuk berbagai kepentingan, mulai dari hobi atau kesenangan, mencari keuntungan (sebagai salah satu bentuk kegiatan ekonomi), dan melindungi agar tidak punah.

Berikut ini kegiatan perekonomian yang memanfaatkan sumber daya hewan.

Peternakan

Hewan peliharaan yang dipelihara manusia sebagai kegiatan ekonomi dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan cara diperjualbelikan disebut dengan hewan ternak.

Kegiatan manusia untuk memelihara dan mengembangbiakkan hewan ternak disebut peternakan. Jenis hewan ternak yang biasanya diternakkan manusia dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu sebagai berikut:

1. Peternakan Hewan Besar

Jenis hewan yang diternakkan antara lain sapi, kerbau, dan kuda. Hewan jenis ini dipelihara dan dikembangbiakkan untuk diambil daging atau susunya.

2. Peternakan Hewan Kecil

Jenis hewan yang diternakkan di antaranya kambing, domba, dan babi. Kambing atau domba diternakkan untuk diambil daging dan susunya. Domba juga diambil bulunya untuk dijadikan kain wol. Sementara itu, babi diambil dagingnya.

3. Peternakan Unggas

Jenis hewan yang diternakkan di antaranya ayam, itik, angsa, dan burung. Hewan jenis ini dikembangbiakkan untuk diambil daging atau telurnya.

Selain hewan-hewan tersebut, saat ini manusia juga beternak berbagai macam hewan, seperti cacing hingga jangkrik. Bahkan, ada pula yang beternak ular dan buaya yang diambil kulitnya untuk dijadikan tas atau dompet.

Baca Juga: Cara Melestarikan Sumber Daya Alam Air, Tanah dan Tumbuhan

Perikanan

Selain peternakan, kegiatan yang juga memanfaatkan hewan adalah perikanan. Perikanan merupakan usaha pengembangbiakan dan penangkapan ikan.

Budi daya ikan dapat dilakukan di darat maupun di laut. Oleh karena itu, budi daya perikanan dapat dibedakan menjadi perikanan darat dan perikanan laut.

1. Perikanan Darat

Kegiatan perikanan darat meliputi kegiatan penangkapan dan budi daya ikan di perairan darat.

Penangkapan dan budi daya ikan dapat dilakukan di kolam, waduk, sungai, danau, sawah, ataupun tambak.

Jenis-jenis ikan yang dibudidayakan di antaranya mujair, nila, gurami, dan ikan mas. Sementara itu, di tambak bisa dilakukan budi daya udang dan ikan bandeng.

2. Perikanan Laut

Kegiatan perikanan laut meliputi kegiatan penangkapan dan budi daya makhluk hidup laut. Misalnya, ikan kembung, ikan kerapu, ikan kakap, kerang, lobster, dan cumi-cumi.

Budi daya makhluk hidup laut dilakukan melalui pembenihan. Benih-benih tersebut dibesarkan pada jaring terapung di laut.

Contoh makhluk hidup laut yang dibudidayakan adalah ikan bawal, ikan kerapu, dan lobster.

Selain dimanfaatkan dalam kegiatan ekonomi, sumber daya alam hewan juga menjadi ciri identitas suatu daerah.

Misalnya Pulau Sumatra terkenal akan gajah dan harimaunya, Jawa bagian barat terkenal dengan badak bercula satunya, Jawa bagian timur terkenal dengan bantengnya, Kalimantan terkenal dengan orang utannya, Sulawesi terkenal dengan anoanya, Papua terkenal dengan burung cendrawasihnya, dan Nusa Tenggara terkenal dengan komodonya.

Berbagai jenis hewan tersebut merupakan kekayaan yang tidak ternilai harganya. Oleh karena itu, keberadaannya harus dipertahankan dan dilindungi agar tidak punah.

Berbagai upaya telah dan terus dilakukan oleh pemerintah dibantu dengan masyarakat untuk memelihara, melindungi, dan mengembangbiakkan berbagai jenis hewan, terutama hewan yang berada di ambang kepunahan.

Baca Juga:

Itulah beberapa kegiatan ekonomi yang memanfaatkan sumber daya hewan. Semoga menambah wawasan Anda!