Home » Blog » Umum » Kapal Catamaran: Kapal dengan Stabilitas Terbaik

Kapal Catamaran: Kapal dengan Stabilitas Terbaik

Kapal Catamaran

Pernahkah Anda mendengar tentang kapal catamaran? Yuk, simak uraian singkat tentang kapal catamaran bersama beberapa kelebihannya disini!

Kapal Catamaran: Kapal dengan Stabilitas Terbaik – Peristiwa karamnya kapal di laut adalah salah satu kecelakaan yang bisa menimpa awak kapal dan juga nahkodanya. Faktor utama yang mempengaruhi tenggelamnya kapal, yaitu stabilitas kapal.

Kapal Catamaran hadir sebagai solusi dari masalah tersebut. Karena kapal tersebut memiliki tingkat stabilitas yang lebih baik daripada kapal monohull yang hanya mempunyai satu buah lambung kapal. Sehingga, tidak mampu untuk menegak kembali saat kapal mulai oleng.

Apa Itu Kapal Catamaran?

Kapal Catamaran merupakan bentuk konfigurasi dari 2 buah lambung kapal. Jika Anda bandingkan dengan kapal monohull, kapal yang satu ini mempunyai banyak sekali kelebihan. Mulai dari stabilitas melintang terbaik, area geladak yang luas, serta hambatan bernilai kecil.

Kata Catamaran merupakan bahasa India Tamil, yaitu “Kattumaram”. Artinya adalah kapal dengan 2 lambung. Jenis kapal ini dapat Anda gunakan untuk Roro atau fast ferry.

Sejak zaman dulu, catamaran telah terkenal di kalangan orang-orang polinesia. Tingkat stabilitasnya yang sangat tangguh membuat sebagian besar pembangun dan designer kapal tertarik untuk membuatnya.

Hingga saat ini, kapal jenis ini banyak dipakai untuk perahu layar, kapal penumpang, atau perahu nelayan. Selain itu, kapal ini juga mempunyai bodi yang sangat lebar. Karena adanya jembatan yang menghubungkan kedua lambungnya sebagai tempat muatan.

Pada kapal Roro, muatan penumpang dan mobil jauh lebih banyak daripada jenis kapal lainnya dengan kapasitas yang sama. Sehingga, jauh lebih menguntungkan bagi Anda yang mempunyai bisnis di bidang transportasi laut.

Kelebihan Kapal Catamaran

Berikut ini ada beberapa kelebihan dari kapal catamaran yang perlu Anda ketahui:

1. Stabilitas Lebih Baik

Seperti yang Anda ketahui sebelumnya, kapal jenis ini memiliki tingkat stabilitas yang jauh lebih baik dari pada kapal berlambung tunggal. Karena mempunyai 2 buah lambung kapal.

Sehingga, mampu mengatasi masalah akibat kekuatan arus dan kondisi gelombang ketika sedang berlayar. Membuat kapal menjadi lebih stabil dan tidak mudah karam.

2. Daya Jelajah Lebih Jauh

Kapal ini juga mempunyai daya jelajah yang lebih jauh daripada kapal monohull. Cocok bagi para nelayan yang suka pergi ke tempat yang jauh untuk menangkap ikan. Tentunya akan memberikan peluang yang lebih besar untuk mendapatkan ikan yang lebih banyak.

3. Geladak Lebih Luas

Geladak atau lantai kapal catamaran cenderung lebih luas dari kapal lambung tunggal. Oleh sebab itu, mampu menampung lebih banyak penumpang dan juga kendaraan sekaligus.

Maka dari itu, kapal ini sangat recommended untuk menjadi kapal angkutan penumpang atau Roro. Semakin banyak daya tampung penumpang, pastinya semakin banyak juga keuntungan yang akan Anda terima nantinya.

4. Tahanan Gesekan Lebih Kecil

Karena memiliki tahanan gesekan yang lebih kecil, membuat tenaga dorong dan kecepatan kapal ini relatif lebih besar. Sehingga, tidak membutuhkan waktu lama untuk mencapai lokasi tujuan.

Baca Juga: Ciri-ciri Gerak Tari Bali, Sumatra dan Jawa Tengah

5. Luas Permukaan Basah dan Volume Benaman Kecil

Keunggulan lainnya dari kapal jenis ini, yaitu mempunyai luas permukaan basah serta volume benaman yang kecil. Oleh sebab itu, kapal jauh lebih leluasa untuk berlayar di permukaan air laut dengan hambatan yang relatif kecil.

6. Kapal Catamaran Mempunyai Tingkat Stabilitas Terbaik

Kapal ini merupakan sebuah kapal yang sangat unggul dari segi stabilitasnya, sehingga mampu mencegah kecelakaan di laut.

Baca Juga: Perbedaan Bahan Mentah dan Bahan Baku, serta Pengertiannya

Seperti itulah penjelasan singkat tentang pengertian dan beberapa kelebihan dari kapal catamaran. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda tentang kapal yang satu ini.