Home » Blog » Umum » Ciri-ciri Kayu Jati Berkualitas untuk Furniture

Ciri-ciri Kayu Jati Berkualitas untuk Furniture

ciri-ciri kayu jati berkualitas

Ciri-ciri Kayu Jati Berkualitas untuk Furniture – Salah satu jenis kayu yang kerap dipakai untuk berbagai keperluan furniture rumah adalah kayu jati. Kayu jati ini kokoh dan tahan lama, sehingga banyak orang yang lebih memilih kayu ini dibanding lainnya untuk barang-barang mebel di rumah.

Misalnya saja untuk furniture seperti lemari, kursi tamu, meja makan dan lainnya. Barang-barang tersebut memang membutuhkan konstruksi yang kuat untuk menopang beban yang ada di atasnya. Jika menggunakan kayu biasa, kemungkinan barang tidak awet dan mudah rapuh.

Namun yang jadi permasalahan, tidak semua kayu jati berkualitas baik. Sehingga, Anda perlu mengenali mana kayu jati yang baik dan mana yang tidak. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kayu jati yang berkualitas baik untuk furniture rumah.

1. Memiliki Pori-pori Padat

Pori-pori pada kayu, menandakan seberapa banyak lubang atau celah pada sebuah kayu. Semakin padat kayu tersebut, itu artinya jati memiliki pori-pori kecil dan lebih padat.

Selain itu, biasanya kayu jati yang memiliki rongga padat akan lebih berat dibanding yang memiliki banyak lubang pori.

Semakin padat sebuah kayu, maka akan lebih kokoh dan kuat, sehingga akan menjamin barang-barang mebel Anda tahan lebih lama.

2. Sudah Berusia Tua

Ciri-ciri kayu jati berkualitas lainnya, yaitu umurnya sudah tua. Kayu jati yang dikategorikan sudah tua, ialah yang sudah berumur minimal 80 tahun.

Biasanya, kayu jati tua memiliki tekstur yang halus, padat, serta memiliki lubang pori yang lebih kecil.

Di samping itu, jati tua akan menghasilkan minyak yang bernama ectoquinon, yaitu zat ekstraktif yang terdapat pada batang pohon.

Semakin tua umur pohon, maka akan menghasilkan minyak yang lebih banyak. Minyak ini akan membantu kayu terbebas dari rayap dan jamur.

3. Warna Kayu Jati Lebih Cokelat Tua

Seperti yang dibahas pada poin sebelumnya, bahan terbaik untuk pembuatan furniture atau konstruksi bangunan adalah jenis kayu jati tua.

Salah satu ciri-ciri kayu jati berkualitas baik ini yaitu sudah berwarna lebih matang. Itu terlihat dari warna khas kayu yang sudah lebih cokelat tua, berbeda dengan jati muda yang belum terlalu matang warnanya.

4. Tidak Memiliki Lubang

Lubang yang terlihat pada kayu jati nantinya akan mengganggu penampilan furniture. Untuk itu, sebaiknya Anda pastikan untuk memilih kayu jati yang tidak memiliki lubang pada tiap sisinya.

Baca Juga:

5. Tidak Terlihat Gubal Kayu

Dalam sebuah batang kayu terdapat dua buah bagian, yaitu teras dan gubal. Jika Anda ingin memilih kayu jati berkualitas baik, perhatikan jumlah gubal kayu yang terlihat.

Teras kayu memiliki warna lebih muda, sedangkan gubal terlihat lebih gelap.

Kayu gubal adalah bagian inti pada sebuah kayu gelondongan. Nah, inti kayu ini adalah bagian paling baik untuk pembuatan furniture, terlebih untuk yang sangat membutuhkan kekuatan seperti lemari maupun kursi.

Baca Juga: Keunggulan Menggunakan Dinding Roster

Itulah beberapa ciri-ciri kayu jati berkualitas baik. So, kalau Sahabat Sola ingin membeli furniture yang terbuat dari jati, Anda bisa perhatikan ciri-ciri seperti yang tersebut di atas.