Home » Blog » Ikan Hias » Cara Memelihara Ikan Mas Koki Oranda di Aquarium

Cara Memelihara Ikan Mas Koki Oranda di Aquarium

Ikan mas koki oranda

Cara Memelihara Ikan Mas Koki Oranda di AquariumCarassius gibelio forma auratus atau Ikan mas koki Oranda, yang berarti “Kepala Singa Belanda” merupakan ikan yang relatif damai. Mereka berasal dari China, tetapi banyak yang keliru dengan mayakini ikan ini berasal dari Belanda.

Mas koki Oranda termasuk keluarga Cyprinidae, sulit untuk melacak asal-usul makhluk lucu ini secara pasti, tetapi secara luas disepakati bahwa mas koki oranda merupakan produk perkawinan silang.

Ikan hias air tawar ini hadir dengan berbagai variasi warna, yang tentunya dapat menambah warna dan kecerahan pada aquarium Anda.

Mari mengenal lebih jauh tentang cara memelihara ikan mas koki oranda di aquarium, mulai dari bentuk, karakter, makanan, maupun tankmates yang sesuai dengannya. Yuk, check it out!

Perangai dan Tingkah Laku

Spesies ikan mas pada umumnya berperilaku lembut. Sama seperti ikan mas lainnya, mas koki oranda juga tidak agresif. Mereka adalah ikan damai yang bisa berbaur dengan siapa saja!

Pastikan saja mereka berada di lingkungan yang membuat mereka merasa aman, dan ciptakan kondisi aquarium ideal yang membuat ikan jauh dari stres.

Meskipun mas koki oranda bukan jenis ikan schooling (bergerombol), tapi mereka lebih suka berada di antara spesies mereka sendiri.

Mereka adalah perenang lambat yang cenderung menghabiskan waktu mereka berenang kesana-kemari menyusuri aquarium untuk bersenang-senang.

Apakah mas koki oranda termasuk ikan yang kuat?

Ya, mereka adalah ikan kecil tangguh yang senang berenang di seluruh akuarium. Anda mungkin menemukan hewan peliharaan Anda mengapung di permukaan selama beberapa hari, kemudian menemukannya bermain-main di dasar.

Mereka adalah ikan pemulung dan akan menghabiskan sebagian waktunya untuk mengambil sisa makanan (jika tidak dibersihkan) dan mungkin saja bermain-main dengan properti yang ada di aquarium.

Ciri Fisik

Mas koki Oranda

Yang membedakan oranda dari jenis lain ialah pertumbuhan yang tidak normal di bagian kepala, seperti yang bisa Anda lihat di gambar.

Itu disebut sebagai wen, dan bukan bagian dari otak mereka. Memang terlihat seperti itu, hanya daging yang tumbuh di bagian kepala seperti ikan louhan.

Benjolan berdaging ini mulai tumbuh sekitar usia 4 bulan, bahkan dapat tumbuh berlebih. Pertumbuhan ini dapat mempengaruhi penglihatan oranda.

Wen akan terbentuk sempurna sekitar usia 2 tahun, tetapi mungkin membutuhkan waktu lebih lama pada beberapa ikan.

Ikan mas koki oranda memiliki warna yang bervariasi, seperti Red Cap Oranda yang memiliki tubuh serba putih namun pada bagian wen berwarna merah. Jenis lain umumnya berwarna solid.

Red Cap Oranda
Red Cap Oranda

Beberapa jenis mas koki oranda seperti:

  • Red Oranda
  • White Oranda
  • Blue Oranda

Secara bentuk, tubuh ikan mas jenis ini berbentuk telur, artinya mereka tidak ramping tetapi juga tidak besar. Sama seperti ikan mas koki pada umumnya, hanya saja pada bagian kepala yang membedakan.

Yang membuat ikan ini tampak seperti malaikat yang anggun adalah bagian sirip ekornya. Bentuknya bisa berbeda-beda seperti ekor pita, ekor kipas, atau ekor lebar, dan cenderung mengembang ke belakang.

Dari segi warna, mereka adalah ikan yang berwarna cerah dengan variasi warna hitam, merah, putih, kuning, oranye, emas dan bahkan biru!

Untuk ukuran, Oranda bisa tumbuh hingga 17 cm dengan perawatan yang baik. Bahkan, ikan ini pernah tercatat tumbuh sampai 38 cm, dialah oranda bernama Bruce yang berasal dari Hong Kong.

Berapa lama ikan mas koki oranda hidup?

Nah, itu akan tergantung pada perawatan mereka. Jika Anda sangat memperhatikan kesehatan dan kenyamanan ikan, oranda bisa hidup sampai 15 tahun.

Cara Memelihara Ikan Mas koki Oranda

Setelah mengenal karakteristik maupun penampilan ikan, kini Anda perlu mengetahui bagaimana cara memelihara ikan mas koki oranda dengan baik dan benar.

Ikan oranda sendiri pada dasarnya cukup mudah dirawat, tetapi kondisi fisiknya yang membuat perawatan jauh lebih sulit.

Misalnya, banyak kotoran atau bakteri yang dapat bersarang di dalam lipatan dan celah wen, itu dapat menyebabkan infeksi.

Ikan ini pun rada sensitif dengan perubahan kondisi air, meskipun sebenarnya ikan ini cukup kuat untuk bertahan hidup.

Tetapi dengan mempertahankan parameter air yang ideal, itu akan membuat ikan tetap sehat dan jauh dari stres.

Makanan Mas koki Oranda

Seperti jenis ikan mas lainnya, si koki oranda ini pun termasuk ikan rakus yang bisa makan apapun. Maklum saja, mereka termasuk ikan omnivora yang dapat memakan segala.

Bahkan, mereka dapat makan apa saja yang mengapung di air, sehingga Anda perlu rajin-rajin membersihkan permukaan air jika ada kotoran.

Mas koki oranda bisa Anda beri makanan kering, beku atau makanan hidup.

Makanan yang biasa diberikan untuk mas koki oranda seperti:

Anda bisa berikan makanan kepada ikan sebanyak 3% dari dari ukuran tubuh mereka. Tidak usah sering-sering, cukup dua sampai tiga kali sehari.

Perhatikan jika ikan sudah berenang agak miring, itu tandanya Anda agak berlebihan memberi makan.

Sebaliknya, jika mereka masih mencari-cari makan di antara substrat, mungkin lain kain Anda bisa memberinya porsi lebih banyak.

Jangan lupa untuk menyerok sisa pakan jika tidak habis dimakan ikan.

Sisa makanan yang larut dalam air akan menjadi limbah yang memperburuk keadaan air. Itu nantinya dapat menyebabkan kesehatan ikan terganggu.

Aquarium dan Paramater Air Ideal

Anda bisa menyediakan aquarium berukuran 61 x 30.5 x 40.6 cm, atau akuarium yang memuat 75 liter air. Lebih besar lebih baik.

Jika mereka tidak memiliki cukup ruang, hal itu dapat menyebabkan stres, yang tidak baik bagi ikan Anda.

Suhunya harus cukup konsisten, antara 20-22 derajat Celcius. Kesadahan air harus antara 6-18 dH dan tingkat pH harus antara 5 sampai 8.

Salah satu alasan mengapa mereka begitu sulit dirawat adalah karena kepekaannya terhadap kondisi air. So, dalam cara memelihara ikan mas koki oranda, Anda harus fokus untuk menjaga parameter air yang ideal.

Jangan lupa perhatikan sistem filtrasi yang baik untuk menjaga kondisi air.

Berhubung mas koki ikan yang rakus, maka mereka akan menghasilkan banyak feses, jika tidak diimbangi dengan filtrasi yang baik, kandungan amoniak dalam air akan meningkat.

Anda bisa menyediakan filter yang memiliki kemampuan penyaringan mekanis, biologis dan kimiawi. Jangan lupa berikan oksigen yang cukup untuk sirkulasi air yang baik.

cara memelihara ikan mas koki oranda

Pertimbangkan untuk mengganti air dua kali seminggu, dengan mengganti 30% air lama dengan air baru yang sudah diendapkan.

Jika Anda ingin memberi substrat pada akuarium, pastikan substrat tidak berbentuk tajam seperti kerikil.

Itu karena ikan ini suka menggali, sehingga kemungkinan kalau memberi substrat tajam akan melukai mulut ikan.

Anda bisa memberi pasir yang halus, atau bebatuan yang tidak berbentuk tajam.

Untuk dekorasi akuarium, sebenarnya sangat cantik jika menyatukan ikan dengan dekorasi yang unik pada akuarium.

Namun pastikan Anda tidak menanam banyak tanaman hidup, karena mas koki ini bisa menghabiskan tanaman air Anda.

Apakah ikan mas koki oranda membutuhkan aquarium heater?

Jika suhu air masih dalam parameter ideal seperti yang sudah dibahas sebelumnya, maka Anda tidak memerlukan aquarium heater.

Kecuali, jika Anda tinggal di daerah yang bersuhu dingin, maupun pada saat musim penghujan.

Teman Ikan Oranda

Berhubung ikan ini termasuk spesies yang damai, sehingga mereka masih cocok untuk digabungkan dengan ikan-ikan bertempramen damai lainnya.

Anda bisa memberinya tank mates ikan jenis yang sama, maupun jenis ikan mas lain seperti ikan komet.

Waspada terhadap ikan kecil yang agresif seperti ikan lemon atau jenis cichlid lainnya. Hati-hati juga dengan ikan predator, mas koki sangat tidak cocok satu akuarium dengan mereka.

Itu tadi panduan lengkap tentang cara memelihara ikan mas koki oranda di aquarium, serta segala seluk-beluknya. Semoga berguna buat Anda yang ingin memelihara ikan cantik ini!