Lompat ke konten
Home » Blog » Umum » Cara Melestarikan Sumber Daya Alam Hutan, Sungai dan Laut

Cara Melestarikan Sumber Daya Alam Hutan, Sungai dan Laut

Cara Melestarikan Sumber Daya Alam Hutan, Sungai dan LautIndonesia sangat kaya dengan sumber daya alamnya. Untuk itu, kita harus bersyukur atas anugerah tersebut. Salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan adalah dengan menjaganya tetap lestari.

Lalu, bagaimana cara agar sumber daya alam tetap lestari? Berikut contoh-contoh cara melestarikan sumber daya alam hasil hutan, sungai dan laut.

Cara Melestarikan Sumber Daya Alam Hasil Hutan

Hutan yang Lestari

Pengambilan sumber daya alam, terutama hasil hutan harus mengikuti peraturan-peraturan pemerintah.

Misalnya, penebangan pohon-pohon harus dilakukan dengan sistem tebang pilih. Sistem tebang pilih adalah metode menebang pohon dengan memilih pohon yang kira-kira sudah layak untuk ditebang (berumur tua). Sehingga, pohon-pohon muda masih tetap akan tumbuh dan lestari.

Akan tetapi, pada kenyataannya ada saja orang atau sekelompok orang yang melakukan pengambilan sumber daya alam dengan cara apa pun, bahkan seenaknya.

Mereka tidak mempedulikan dampak kerusakan yang timbul akibat penebangan hutan secara sembarangan. Mereka juga tidak peduli dengan kelestarian sumber daya alam agar tetap dapat dimanfaatkan di masa mendatang.

Pengambilan sumber daya alam yang tidak bijaksana antara lain dengan melakukan penebangan hutan secara liar.

Penebangan pohon-pohon di hutan secara liar memang Iebih mudah dilakukan. Penebang dapat memperoleh kayu dalam jumlah yang banyak dalam waktu cepat.

Setelah pohon di satu areal dibabat habis, penebangan dilakukan di areal hutan lainnya. Akibatnya, hutan menjadi gundul. Padahal pohon-pohon di hutan sangat penting untuk proses penyerapan air.

Hutan gundul yang dibiarkan begitu saja dapat mengakibatkan bencana, seperti banjir, erosi, tanah longsor, dan berkurangnya persediaan air saat musim kemarau.

Untuk mengatasinya, kita dapat melakukan penanaman kembali lahan yang pohonnya telah ditebang atau reboisasi.

Kegiatan manusia lainnya yang mengancam keberadaan hutan adalah perubahan wilayah hutan menjadi daerah permukiman, perkebunan, atau sarana transportasi (jalan).

Baca Juga: Jenis-jenis Pencemaran Lingkungan dan Penyebabnya

Cara Melestarikan Sumber Daya Alam Hasil Sungai dan Laut

Cara Melestarikan Sumber Daya Alam Laut

Ikan yang ada di sungai dan di Iaut termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui, karena ikan-ikan tersebut dapat dikembangbiakkan.

Akan tetapi, ikan-ikan itu dapat habis jika diambil terus-menerus tanpa mematuhi aturan.

Baca Juga: Pembagian Sumber Daya Alam

Bagaimana aturan pengambilan ikan?

Menangkap ikan di laut dan sungai tidak boleh menggunakan jala pukat harimau, bom, racun, dan listrik.

Jala pukat harimau akan menjaring semua ikan, baik ikan kecil maupun ikan besar. Ikan-ikan yang sudah terjaring tidak dapat keluar lagi. Akibatnya, ikan-ikan kecil tidak punya kesempatan tumbuh besar dan tidak mempunyai kesempatan untuk berkembang biak karena terjaring pukat harimau.

Jika terjadi terus-menerus, maka ikan yang ada di sungai dan laut akan habis.

Bom,racun, dan aliran listrik akan mematikan semua ikan yang ada di laut dan sungai. Jika semua ikan di laut dan sungai mati, maka tidak akan ada ikan yang berkembang biak. Akibatnya, ikan di laut dan sungai akan habis.

Nah, itu dia bagaimana cara melestarikan sumber daya alam hasil hutan, maupun sumber daya alam laut dan sungai.