Home » Blog » Umum » Cara Melestarikan Sumber Daya Alam Air, Tanah dan Tumbuhan

Cara Melestarikan Sumber Daya Alam Air, Tanah dan Tumbuhan

cara melestarikan sumber daya alam

Cara Melestarikan Sumber Daya Alam Air, Tanah dan Tumbuhan – Salah satu wilayah di Bumi ini yang kaya dengan bermacam sumber daya adalah hutan.

Hutan merupakan salah satu sumber daya alam yang banyak manfaatnya bagi manusia. Tidak hanya manusia, sebagian besar hewan darat pun bergantung hidupnya dari sumber daya hutan.

Jika sumber daya alam diambil terus-menerus, maka lama-kelamaan tentu akan habis. Oleh karena itu, kita harus melestarikan setiap sumber daya alam dengan baik.

Pelestarian sumber daya alam yang berhasil, dapat menjaga ketersediaan sumber daya alam bagi generasi selanjutnya.

Lalu bagaimana cara untuk melestarikan sumber daya alam? Berikut contoh cara menjaga kelestarian sumber daya alam air, tanah dan tumbuhan.

Pelestarian Sumber Daya Air

Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, sangat penting menjaga ketersediaan sumber daya air.

Berikut ini beberapa cara melestarikan sumber daya alam air:

1. Menjaga Kelestarian Hutan

Salah satu cara melestarikan sumber daya alam adalah dengan menjaga kelestarian hutan.

Hutan yang lebat merupakan tempat penyimpanan air yang sangat baik. Air hujan yang turun akan terikat oleh akar-akar pohon sehingga tidak langsung mengalir dalam tanah.

Jika pohon-pohon ditebangi, maka air hujan tidak dapat terserap. Akibatnya, lama-kelamaan kandungan air tanah akan mengering dan menyebabkan kerusakan hutan.

Di samping itu, jika air tidak terikat oleh akar-akar pohon, maka kepadatan tanah akan merenggang dan memungkinkan untuk terjadinya longsor.

2. Tidak Mencemari Sumber-sumber Air

Sungai, sumur, dan danau merupakan sumber air bersih yang berguna bagi penduduk sekitar untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih.

Pembuangan sampah dan limbah di sungai, sumur, dan danau dapat mencemari air, sehingga tidak dapat lagi digunakan. Padahal, air memiliki manfaat bagi manusia, hewan dan tumbuhan.

3. Mendaur Ulang Air

Mendaur ulang air merupakan upaya melestarikan sumber daya alam air.

Air sungai yang kotor dapat didaur ulang atau dijernihkan dengan cara tertentu dan dengan penambahan bahan kimia tertentu sehingga dapat digunakan lagi.

4. Menggunakan Air dengan Bijak

Menggunakan air dengan bijak dan hemat dapat menjaga ketersediaan air bersih, terutama ketika musim kemarau.

Sehingga saat musim kemarau tiba, kita tidak kesulitan lagi mendapatkan air bersih karena persediaan air masih mencukupi.

Pelestarian Sumber Daya Tanah

Bagaimana cara melestarikan sumber daya alam tanah?

Salah satu cara melestarikan sumber daya alam tanah adalah dengan menjaga kesuburan tanah.

Tanah yang subur merupakan sumber daya alam yang sangat penting, karena bermanfaat bagi rnanusia untuk menjadi lahan pertanian. Oleh karena itu, kesuburan tanah harus dijaga.

Berikut ini beberapa cara melestarikan sumber daya alam tanah dengan menjaga kesuburannya:

  1. Membajak atau mencangkul agar tetap gembur.
  2. Memberikan pupuk pada tanah secara teratur.
  3. Menanami kembali tanah yang gundul.
  4. Pada lahan yang miring dibuat terasering atau sengkedan untuk mencegah erosi.
  5. Melakukan penanaman dengan sistem tumpang sari, yaitu menanami lahan pertanian dengan berbagai tanaman dalam waktu bersamaan.

Baca Juga:

Pelestarian Sumber Daya Tumbuhan

Sumber daya tumbuhan merupakan sumber daya yang dapat diperbarui. Jika ketersediaan tumbuhan telah habis, maka dapat dilakukan penanaman kembali.

Jangan lupa pelajari: Mengenal Bagian-bagian Tumbuhan dan Fungsinya

Akan tetapi, ketersediaan tumbuhan tidak dapat diperbarui jika tumbuhan tersebut telah punah dari muka bumi. Oleh karena itu, menjaga kelestarian jenis tumbuhan sangat penting bagi ketersediaan sumber daya tumbuhan.

Berikut ini beberapa cara untuk melestarikan sumber daya alam tumbuhan:

1. Menjaga Kelestarian Hutan

Hutan merupakan tempat hidup berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Kelestarian berbagai jenis tumbuhan dan hewan di hutan dapat terjaga jika kelestarian hutan terjaga.

Selain itu, hutan juga mendapat julukan sebagai paru-paru dunia karena bisa menghasilkan oksigen. Oksigen adalah sumber kehidupan di Bumi ini.

Salah satu upaya dalam pelestarian sumber daya alam adalah dengan cara mencegah penebangan liar dan penggundulan hutan.

2. Membuat Kawasan Pelestarian Tumbuhan

Salah satu cara melestarikan sumber daya alam tumbuhan lainnya adalah dengan membuat kawasan pelestarian hutan.

Contoh kawasan pelestarian tumbuhan adalah cagar alam dan kebun raya.

Cagar alam merupakan kawasan suaka alam yang keadaan alamnya mempunyai kekhasan tumbuhan, satwa, dan ekosistem yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami.

Contoh kawasan yang menjadi cagar alam di Indonesia adalah Cagar Alam Pananjung Pangandaran di Jawa Barat.

Kebun raya adalah kawasan pelestarian alam yang melindungi tumbuhan untuk keperluan pengembangan ilmu pengetahuan dan rekreasi. Contoh kebun raya adalah Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.

Itulah beberapa cara melestarikan sumber daya alam air, tanah dan tumbuhan. Ingatlah untuk selalu mencintai alam ini, minimal berawal dari lingkungan sekitar.