Home » Blog » Sosial » 5 Cara Menghilangkan Kecanduan Gadget pada Anak

5 Cara Menghilangkan Kecanduan Gadget pada Anak

Cara Menghilangkan Kecanduan Gadget pada Anak

5 Cara Menghilangkan Kecanduan Gadget pada AnakTeknologi yang berkembang tak bisa lepas dari kehidupan saat ini, hal itu pula yang membuat Anda, maupun anak Anda terpengaruh oleh teknologi yang berkembang.

Hal ini memang tidak bisa disalahkan sepenuhnya, karena biar bagaimana pun teknologi yang maju, seperti gadget misalnya, dapat membawa keuntungan tersendiri.

Contohnya saja pada saat ini, di mana setiap anak harus belajar via online yang menggunakan keunggulan teknologi.

Di sisi lain, kemajuan teknologi ini juga berdampak buruk, terlebih kalau penggunaannya tidak terkendali. Misalnya, anak yang bermain gadget sampai lupa diri, lupa waktu dan lupa kewajibannya.

Ini merupakan masalah bagi orang tua pada saat ini. Di mana anak memerlukan bantuan gadget untuk belajar, tetapi mereka pun sampai tak terkendali karena keasyikan bermain gadget.

Well, jika Anda memiliki masalah dengan anak yang ketergantungan gadget, berikut adalah 5 cara menghilangkan kecanduan gadget pada anak.

1. Berikan Contoh yang Baik

Anak-anak, terutama yang masih kecil, cenderung meniru apa yang dilakukan olah orang tua atau maupun kakak-kakak mereka.

Jika Anda pun tak bisa lepas dari gadget, mungkin hal itulah yang memicu rasa ingin tahu mereka sejak awal.

Berikan contoh kepada anak Anda dan terapkan secara konsisten. Anda bisa luangkan waktu sejenak dari gadget, laptop, tablet, smartphone, atau televisi Anda. Setidaknya lakukan itu pada saat Anda sedang bercengkrama dengan anak Anda.

Ganti waktu “gadget” Anda dengan bermain bersama anak di rumah, atau membawa mereka jalan-jalan ke taman.

Jika anak Anda dapat melihat bahwa Anda dapat bersenang-senang tanpa gadget, mereka akan percaya bahwa mereka juga bisa.

Catatan: Jika harus menggunakan gadget, jangan biarkan anak-anak melihat. Anda perlu mencari cari agar anak tidak melihatnya secara langsung, misalnya pindah ke ruangan lain, atau menggunakannya saat anak beristirahat.

2. Jangan Memberi Akses pada Gadget

Cara untuk menghilangkan kecanduan gadget pada anak selanjutnya ialah dengan tidak memberinya akses.

Salah satu alasan mengapa anak-anak menghabiskan begitu banyak waktu untuk menonton TV atau bermain video game adalah karena gadget itu sudah tersedia

Simpan smartphone dan tablet Anda di tempat yang tidak dapat diakses oleh anak Anda, dan berikan batasan pada TV, komputer, atau konsol game.

Anda bisa memberinya 1 jam waktu menonton TV sehari, atau berikan anak kesempatan bermain video game hanya selama akhir pekan saja.

3. Alihkan Kebiasaan Berinteraksi dengan Gadget

Ya, Anda perlu mengalihkan perhatian anak dari gadget. Tujuannya adalah untuk membuat anak Anda mengerti bahwa waktu luangnya tidak identik dengan waktu “gadget”.

Perkenalkan kegiatan baru yang menyenangkan, yang bisa berubah menjadi hobi seperti melukis, berolahraga, atau membaca buku.

4. Bawa Anak Bermain di Luar

Permainan outdoor yang sederhana, cukup membuat anak terhibur dan membuatnya lupa dengan kecanduan bermain gadget.

Coba ingat kembali masa-masa kecil Anda, di mana Anda begitu senangnya bermain di lapangan bersama teman-teman, atau bersepeda ke tempat yang Anda sukai. Kembalikan kesenangan itu kepada anak Anda, biar mereka tahu bahwa dunia tidak seluas layar gadget saja!

Permainan luar ruangan penuh dengan hal-hal menarik yang baik untuk permainan sensorik. Dan lagi, itu akan mendorong anak untuk belajar dan mengeksplorasi hal-hal yang biasanya tidak dia lihat di sekitar rumah.

Baca Juga:

5. Buat Hal-hal Menarik untuk Anak

Ini mungkin terdengar berlebihan, tetapi sebenarnya cukup sederhana karena tidak perlu banyak hal untuk membuat anak-anak bahagia.

Jika Anda merasa dia bosan dengan aktivitas yang sebelumnya, berarti Anda perlu memperkenalkan aktivitas baru. Dalam hal ini kreativitas Anda dibutuhkan untuk menciptakan kegiatan baru yang menyenangkan anak.

Anda perlu ingat, anak-anak tidak menginginkan apa pun selain bermain dengan Anda. Kalau Anda sering bersamanya, mereka akan lebih memilih bermain bersama Anda daripada gadgetnya.

Ikuti beberapa cara menghilangkan kecanduan gadget pada anak seperti di atas, dan dia pasti akan bebas gadget dalam waktu singkat!